RAYA – Usai melaksanakan tahapan pemeriksaan kesehatan empat pasangan calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) Tolitoli, kini Komisi Pemilihan Umum () Kabupaten Tolitoli memeriksa berkas penggunaan ijazah empat calon bupati dan calon wakil bupati yang maju pada kontestan Pilkada serentak tahun 2024.

Empat pasangan calon yang dilakukan pemeriksaan oleh pihak komisioner KPU itu adalah, pasangan Muhtar Deluma-Rahman H Buding, Gunardi A Kama-Hamzah Mattaliti, Faisal Lahajda-Nurdin Najamudin dan petahana H Amran H Yahya-Muhamad Besar Bantilan.

“Tahapan yang kita lakukan sekarang masih melakukan verifikasi ijazah yang diajukan sebagai persayaratan mendaftar di KPU oleh empat Bapaslon bupati dan wakil bupati itu,” kata Ketua KPU Tolitoli, Junaedi kepada wartawan, belum lama ini.

Pada klarifikasi pihak KPU Tolitoli dengan melakukan kunjungan ke sejumlah pusat pendidikan dimana yang bersangkutan menimba ilmu pengetahuan, baik itu di tingkat SMA maupun di tingkat perguruan tinggi.

“Kita sambangi untuk melakukan klarifikasi adalah pusat pendidikan yang keluarkan ijazah mereka, kita juga datangi sampai di luar daerah,” tegas Ketua KPU Tolitoli.

Terkait hasil pemeriksaan kesehatan Bapaslon kepala daerah yang maju dalam kontestasi politik di Rumah Sakit Undata , pihak KPU Tolitoli telah menyimpulkan bahwa delapan orang itu mulai calon bupati dan calon wakil bupati yang menjadi Bacalon telah memenuhi syarat mampu secara jasmani maupun rohani.

“Kedelapannya tidak terindikasi penyalahgunaan narkoba, mereka semua sehat jasmani dan rohani,” jelas Junaedi. TAM