RAYA PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai perusahaan BUMN terus mengharumkan nama Indonesia di kancah dengan meraih berbagai pengakuan dan penghargaan. Sepanjang bulan Juni 2024 lalu, BRI setidaknya mendapatkan 3 pengakuan dan penghargaan yang bergengsi dan kredibel di level internasional.

  • Forbes Kembali Nobatkan BRI Sebagai Perusahaan Terbesar di Indonesia dalam Daftar Forbes 2000 Tahun 2024

Pada Kamis (13/6) BRI dinobatkan oleh Forbes Internasional selaku media keuangan dan terkemuka di dunia sebagai Perusahaan terbesar dalam daftar The Global 2000. Mengutip situs resmi Forbes Internasional, dari 2000 perusahaan di seluruh dunia yang masuk dalam daftar tersebut, terdapat 9 perusahaan berasal dari Indonesia dan BRI menduduki peringkat teratas.

BRI menduduki peringkat 308, (373), BCA (457), (912), BNI (944), Bayan Resources (1.194), Chandra Asri Petrochemical (1.591), Amman Mineral (1.605) dan Adaro Energy (1.738).

Forbes International mencatat bahwa BRI memiliki nilai penjualan sebesar US14,95 miliar, laba US$3,6 miliar, aset mencapai US$125,45 miliar, dan nilai pasar sebesar US$46,5 miliar. BRI meraih peringkat 308 yang mengungguli Perusahaan multinasional lainnya seperti Starbucks, Renault, Nissan Motor, dan Uber.

  • BRI Jadi Institusi Keuangan No.1 di Indonesia dan Peringkat 4 di Asia Tenggara Dalam Daftar Fortune Southeast Asia 500

Tak berselang lama dari rilis yang dilakukan oleh Forbes, media ekonomi terkemuka dunia lainnya, Fortune pada hari Selasa (18/06) mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Pemeringkatan tersebut mencakup perusahaan-perusahaan dari 7 negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Kamboja. Indonesia sendiri mendominasi dengan 110 perusahaan. Thailand menyusul dengan 107 perusahaan. Malaysia, dengan 89 perusahaan dan Singapura dengan 84 perusahaan. Selain itu Vietnam memiliki 70 perusahaan dalam daftar, Filipina dengan 38 perusahaan, dan Kamboja dengan 2 perusahaan.

kembali diraih oleh BRI yang pada daftar Fortune Southeast Asia 500 menduduki peringkat pertama untuk industri dan keuangan di Indonesia, sedangkan di Asia Tenggara BRI menempati peringkat ke-4 untuk kategori finansial. Secara umum, BRI menduduki peringkat 15 diantara 500 perusahaan dalam daftar tersebut.  Mengutip website Fortune, BRI mencatatkan revenue sebesar $14,9 milyar, profit sebesar $3,9 milyar dan aset sebesar $127,6 milyar.

  • Direktur Utama BRI Sunarso Dinobatkan Sebagai The Best CEO, BRI Borong 11 Penghargaan Internasional Dari Finance Asia

Menutup bulan Juni 2024, BRI mendapatkan 11 penghargaan dari Finance Asia pada ajang The Finance AsiaAwards and Asia's Best Companies Poll Gala Dinner 2024 yang diselenggarakan pada Kamis (27/06) di Hong Kong.

Dari 11 penghargaan yang diterima BRI, 7 penghargaan diantaranya diperoleh dari kategori Asia's Best Companies dan 4 penghargaan diperoleh dalam kategori FinanceAsia Awards. Untuk Asia's Best Companies BRI mendapatkan Best CEO (gold) untuk Direktur Utama BRI Sunarso, Best Managed Company (gold), Best Investor Relations (gold), Best CFO (silver) untuk Direktur Keuangan BRI Viviana Dyah Ayu, Most Commited to DEI (silver), Most Commited to ESG (silver) dan Best Large Cap Company (Bronze).

Sementara itu, 4 penghargaan yang diperoleh dalam kategori FinanceAsia Awards diantaranya Best Bank For Financial Inclusion (winner), Best Commercial Bank – SMEs (winner), Best Sustainable Bank (highly commended) dan Most Innovative Technology (highly commended).

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan seluruh penghargaan yang diperoleh BRI tak lepas dari komitmen perseroan yang terus mengusung misi menciptakan economic value dan dengan terus fokus pada pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Penghargaan penghargaan tersebut kami persembahkan kepada lebih dari 110 ribu Insan (Pekerja BRI) yang selama ini telah memberikan komitmen dan dedikasi yang kuat sehingga BRI dapat terus mengambil peran dalam roda perekonomian Indonesia. Kami juga mempersembahkan penghargaan ini kepada seluruh UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia atas semangat berjuang dan pantang menyerah di kondisi yang tidak mudah,” ujarnya.

Sunarso menambahkan, di tengah ketidakpastian ekonomi global serta era suku bunga tinggi, keberhasilan BRI mendapatkan pengakuan dari Forbes, Fortune dan Finance Asia membuktikan bahwa dunia internasional mengakui serta mengapresiasi strategic response yang diambil BRI dalam menghadapi tantangan.

“Hal tersebut terbukti berhasil menjadi landasan dalam pencapaian kinerja yang positif bagi BRI yang menjadi leader di industri perbankan di Indonesia serta semakin menunjukkan pengaruh di industri keuangan regional dan global,” pungkas Sunarso. RHT