RAYA – Chef de Mission (CdM) Meeting II Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 wilayah Sumatera Utara (Sumut) resmi dibuka oleh Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (), Letjen TNI Purn Marciano Norman, Senin  (24/6/2024) di Hotel Santika Dyandra, Kota Medan.

CdM yang kedua ini dihadiri sejumlah Pengurus yakni Wakil Ketua Umum Alizam Lamadau, Direktur Eksekutif Muhammad Warsita, dan Kabid Hukum M Natsir. CdM ini juga dihadiri Komandan Satgas Puslatda Sulteng Brigjen TNI Doddy Triwinarto serta Koordinator lapangan Letkol Inf Boby Marsusitaning SD.

Kehadiran KONI Sulteng dan Satgas untuk mengetahui sejauh mana persiapan penyelenggaraan PON 2024. Usai CdM dilanjutkan dengan peninjauan venue di wilayah Sumut.

Ketum KONI Pusat Marciano dalam sambutannya, menyampaikan kembali arahan Presiden RI Joko Widodo dalam Rapat Terbatas (Ratas) 13 Juni 2024 terkait pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Pekan Olahraga Nasional XXI tahun 2024 di Aceh Sumatera Utara tetap dilaksanakan sesuai agenda yang telah ditentukan yaitu dibuka tanggal 8 September di Banda Aceh dan ditutup 20 September di Sumatera Utara,” kata Ketum KONI.

Terkait jadwal, Ketum KONI Marciano mengarahkan agar seluruh venue rampung Juli dan setelahnya Test Event dapat terselenggara Agustus.

Merespons arahan Presiden RI, KONI Pusat selaku penyelenggara mengajak persiapan semakin dimatangkan serta setiap ketua Kontingen Provinsi yang hadir, melaksanakan sosialisasi ke daerah masing-masing. Seluruh harus didapatkan saat CdM Meeting II yang diawali di Kota Medan dan dilanjutkan di Kota Banda Aceh.

“Oleh karenanya, malam hari ini sampai besok sampai kita berangkat ke Aceh, saya mengharapkan komunikasi yang sangat-sangat baik antara saudara-saudara pimpinan Kontingen dari 38 provinsi dan dari Ibu Kota Negara (IKN) untuk memanfaatkan kesempatan CdM Meeting kedua ini,” pesannya.

“Kesiapan PON XXI ini betul-betul dapat saudara berikan kepada anggota Kontingen yang akan berangkat ke Sumatera Utara maupun ke Aceh,” tambahnya.

Ketum KONI Pusat berharap PON XXI Aceh-Sumut 2024 sukses secara penyelenggaraan, administrasi, perekonomian, dan juga sukses .

Atlet-atlet juara PON adalah wakil Indonesia pada keikutsertaannya pada single/multi event ,” tegasnya.

Pj.Gubernur Sumatera Utara, Dr. Drs. H. Agus Fatoni, M.Si diwakili Kadispora Baharuddin Siagian pada pembukaan CdM Meeting II PON XXI di Sumatera Utara mengatakan, sebuah kehormatan sekaligus tanggungjawab bersama-sama untuk melaksanakan perhelatan ini secara baik dan bersahaja.

“Kami ingin menjadi tuan rumah yang yang melayani Bapak-Ibu sekalian, ” katanya.

“Keindahan alam dan ragam budaya yang beraneka ragam, memiliki objek wisata yang sangat luar biasa seperti Danau Toba, ada Bukit Lawang Orang Hutan dan juga di Berastagi hingga ke Pulau Nias,” tuturnya menyinggung potensi Sport Tourism dan Sport Industry.

Sumut akan mempertandingkan 34 cabang olahraga, dengan 46 disiplin, 527 nomor pertandingan di 37 venue di 10 kabupaten/kota, antara lain Kota Binjai, Kota Medan, Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Toba, Simalungun, Karo, dan Samosir.

Sebanyak 6.281 atlet, 3.142 ofisial dan sekitar 5.600 panitia pelaksana akan terlibat. *WAN