RAYA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Kodam XIII/Merdeka (Mdk), Korem 132/Tadulako (Tdl) melaksanakan kegiatan donor darah sebagai bagian dari rangkaian perayaan. Acara ini bertempat di aula Soedirman Markas Kodim 1306/ , Rabu (12/6/2024).

Kegiatan donor darah ini diselenggarakan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang . Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah di rumah sakit di wilayah Palu dan sekitarnya, terutama untuk pasien yang membutuhkan transfusi darah.

Danrem 132/Tdl, Brigjen TNI Dody Triwinarto diwakili Kasiops Kasrem 132/Tdl, Letkol Inf Boby Marsusitaning mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-66 Kodam XIII/Mdk. Selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Antusiasme prajurit dan ibu persit terhadap kegiatan ini. Selain prajurit TNI, kegiatan ini juga diikuti oleh para Prajurit dan Ibu Persit Korem 132/Tdl, Kodim 1306/KP, Lanal Palu dan Yonif 711/Rks yang sukarela mendonorkan darah mereka. PMI memastikan seluruh proses donor darah dilaksanakan sesuai dengan standar kesehatan dan protokol yang ketat untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pendonor.

Dandenkesyah 13.04.02 , Letkol CKM Usman mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1306 atas pelaksanaan kegiatan ini. “Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari Kodim 1306 menyiapkan dan menyelenggarakan serta partisipasi aktif dari semua pihak sangat membantu kami dalam menjaga ketersediaan stok darah yang sangat dibutuhkan, terutama untuk situasi darurat,” ujarnya.

Selain menambah stok darah di PMI, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat mengenai pentingnya donor darah. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi instansi lainnya untuk turut serta dalam aksi kemanusiaan.*/YAT