RAYA – Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Apel , Sabtu (1/6/2024).

Upacara dipimpin oleh Kapolda Sulteng, Irjen Pol Dr. Agus Nugroho, dan dihadiri Wakapolda Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, para PJU dan seluruh personel Polda Sulteng. Upacara itu, ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, hening cipta, pembacaan Pancasila dan pembacaan Pembukaan UUD 1945.

Membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI (BPIP RI), Kapolda menguraikan kembali lahirnya Pancasila. “Pada hari ini 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK,” jelasnya.

Dikatakannya, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema, Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia emas 2045.

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, dan berdaulat,” lanjutnya.

Kapolda juga mengajak komponen bangsa dimanapun berada untuk bahu membahu membumikan -nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah indonesia,” ucapnya.

Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

“Kita harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur dan berwibawa di kancah dunia,” jelas Kapolda.*/YAT