RAYA – Dalam upaya memperkokoh semangat nasionalisme dan disiplin di kalangan pelajar, Satgas TMMD ke-120 Kodim 1307/Poso melaksanakan serangkaian kegiatan di SMA Al-Khairaat Ulubongka.

Salah satu kegiatan yang mencuri perhatian adalah upacara bendera yang dipimpin oleh personel TNI pada Senin (20/5/2024) pagi, yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru sekolah tersebut.

Kegiatan ini diawali dengan upacara bendera yang menjadi momen istimewa bagi para pelajar. Sertu Muh Syafri, yang bertindak sebagai pembina upacara, menyampaikan amanat tentang pentingnya -nilai kedisiplinan, kesabaran, cinta tanah air, jiwa nasionalisme, serta penghormatan terhadap jasa para pahlawan.

“Jika keempat nilai ini dipegang teguh oleh para siswa, mereka akan menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa, melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan Indonesia,” tegas Sertu Muh Syafri.

Selain upacara, Sertu Muh Syafri juga memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada 52 siswa SMA Al-Khairaat Ulubongka. Dalam penyuluhan ini, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Materi ini sangat penting untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan menjaga nilai-nilai Pancasila, terutama di era globalisasi saat ini,” ujarnya.

Peraturan Baris Berbaris (PBB) juga menjadi salah satu agenda utama Satgas TMMD di sekolah tersebut. Melalui latihan ini, siswa-siswi diajarkan tentang tata cara baris-berbaris yang benar dan ditanamkan disiplin yang tinggi.

Dansatgas TMMD, Letkol Inf. Hasroel Tamin mengajak anggota Satgas TMMD untuk memberikan pembekalan pengetahuan tentang PBB agar siswa-siswi memahami tata cara baris-berbaris yang benar. “Kami berharap, melalui latihan ini, adik-adik kita tidak hanya belajar PBB, tetapi juga disiplin yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Diketahui, kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Satgas TMMD ke-120 ini tidak hanya berfokus pada pembangunan fisik, tetapi juga pada pembentukan karakter generasi muda melalui kegiatan non-fisik. Dengan berbagai kegiatan ini, Satgas TMMD ke-120 berharap dapat memberikan manfaat yang besar bagi para pelajar di SMA Al-Khairaat Ulubongka, membantu mereka menjadi generasi muda yang tangguh, disiplin, dan berjiwa nasionalisme tinggi.*/YAT