RAYA – Korem 132/Tadulako (Tdl) menggelar komunikasi (Komsos) dengan aparat Pemerintah dengan Tema, TNI AD Bersama Aparat Pemerintah Bersinergi dalam Mengantisipasi Dampak Perubahan Iklim, yang digelar di Aula Manggala Sakti, Rabu (22/5/2024).

Kegiatan Komsos ini dihadiri Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Sulteng, Pengadilan Tinggi Sulteng, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Provinsi Sulteng, Kabankesbangpol Provinsi Sulteng, Kasatpol PP Provinsi Sulteng, Kepala BKKBN Provinsi Sulteng, Kalapas Provinsi Sulteng, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulteng, BMKG Provinsi Sulteng, Perwakilan Polresta , serta Prajurit Korem 132/Tdl.

Dalam amanat Danrem 132/Tdl yang dibacakan Kasiter Kasrem 132/Tdl Letkol Inf Ary Bayu Saputro, mengatakan, kegiatan Komunikasi Sosial ini bertujuan memelihara, meningkatkan dan menjalin sinergitas antara TNI AD khususnya Korem 132/Tdl dengan Aparat Pemerintah dalam pemahaman tentang dampak perubahan iklim dan cara mengatasinya.

Untuk itu kata dia, TNI AD bersama Kementerian dan lembaga memiliki peran yang sangat penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim di Indonesia. TNI AD tidak hanya bertugas untuk menjaga keamanan negara dari ancaman militer, tetapi juga memiliki tanggung jawab untuk melibatkan diri dalam upaya perlindungan lingkungan dan keberlanjutan.

“Melihat perkembangan saat ini, Indonesia, sebagai negara kepulauan yang terletak di kawasan Asia Tenggara, memiliki keragaman alam yang luar biasa, namun perubahan iklim global telah menyebabkan berbagai dampak negatif, naiknya permukaan air laut, perubahan pola curah hujan, kebakaran hutan, selain itu perubahan iklim juga mempengaruhi ketersediaan untuk konsumsi dan kebutuhan industri. Semua ini berpotensi menyebabkan kerugian besar terhadap ekosistem, keberlanjutan sumber daya alam dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Kasi Ter.*/YAT