RAYA – Tingkatkan minat belajar Anak Binaan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II bersama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako () terapkan metode Have Fun Learning, Selasa (14/5/2024) pagi.

Bertempat di Ruang Pendidikan, kegiatan ini merupakan kolaborasi kedua belah pihak dalam memajukan Pendidikan Anak Binaan, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Subseksi Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan, Henny bersama staf pembinaan, para dosen FKIP Untad, Asrianti, Desrin Lebagi, Kadek Hariana, Riska dan Suci, serta diikuti oleh seluruh Anak Binaan.

Henny mengatakan, pada dasarnya sebagai pelopor pendidikan, kita wajib memberikan sentuhan yang menyenangkan bagi anak, sehingga dengan menggandeng tenaga pengajar dari FKIP Untad dapat memberikan warna baru dalam pendidikan di LPKA.

“Menghadirkan konsep pembelajaran baru dan suasana yang berbeda, bisa membantu menumbuhkan semangat dan perasaan senang ketika anak belajar,” kata Henny.

Sementara, salah satu dosen FKIP UNTAD, Asrianti mengatakan kedatangannya bersama tim merupakan wujud kepedulian terhadap pendidikan Anak Binaan.

Lebih lanjut Asrianti menjelaskan, pada pembelajaran ini, dirinya bersama tim memberikan metode Have Fun Learning dimana pada konsep metode ini anak bisa dengan mudah menangkap yang diberikan. Hal ini juga berkaitan dengan hormon rasa senang.

“Jadi dengan menonton sambil belajar, kami berharap anak senang dengan konsep ini, sehingga hormonnya cepat menangkap informasi. Jadi dengan menonton dan games kita bisa memanfaatkannya dengan menyusupkan mengajarkan sesuatu pada anak lewat cara menyenangkan,” ujar Asrianti.

Tak lupa disela-sela pembelajaran, para pengajar dari FKIP Untad juga memberikan Ice Breaking yang menambah suasana kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

MF salah satu Anak Binaan mengaku senang dengan pembelajaran kali ini, dirinya lebih rileks dan penyampaian materi pun lebih ringan dan mudah untuk dipahami. “Sungguh senang hari ini kami kedatangan Dosen dan kakak-kakak mahasiswa FKIP Untad. Terima kasih atas perhatian yang diberikan kepada kami semua, materinya pun sangat menyenangkan,” ujar MF kepada media.

Ditempat berbeda, Kepala Revanda Bangun mengapresiasi dengan kemajuan dan inovasi dalam pemenuhan hak pendidikan Anak Binaan. Dirinya berharap, kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan lebih ditingkatkan.

“Pendidikan itu adalah dasar yang harus didapat oleh setiap anak. Dengan jalinan sinergitas yang kuat, kita siap untuk terus berkontribusi nyata dalam menciptakan generasi muda yang hebat menuju Indonesia Emas 2045,” jelas Revanda.*/YAT