RAYA- Universitas Muhammadiyah () membangun kemitraan dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dituangkan dalam bentuk ditandatangani kedua belah pihak, Rabu (15/5/2024), di Gedung Pascasarjana Unhas Makassar.

Wakil Rektor 1 Unismuh Palu, Sudirman, S.KM., M.Kes saat dihubungi mengatakan, MoU tersebut berkaitan dengan proses pendidikan sejumlah dosen Unismuh Palu di Unhas Makassar, khususnya pada pascasarjana. Dimana saat ini terdapat tujuh calon Dosen Fakultas Kedokteran Unismuh Palu yang tengah melangsungkan pendidikan S2 di Program Magister Ilmu Biomedik Unhas Makassar dengan pembiayaan penuh Unismuh Palu.

Dalam waktu dekat, Unismuh Palu kembali akan mengirim empat orang lagi untuk melanjutkan pendidikan di prodi yang sama. “Tujuh orang saat ini sementara kuliah, dan dalam waktu dekat akan kami kirim lagi empat orang, sehingga kami menilai sangat membutuhkan MoU dengan Unhas,”jelas Sudirman. Jumat (17/5/2024).

Mengingat, tidak semua perguruan tinggi di Indonesia membuka  program Ilmu Biomedik, untuk wilayah Indonesia Timur satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki program Ilmu Biomedik hanyalah Unhas Makassar. Sehingga Unismuh Palu sangat berkepentingan membangun kesepahaman agar dosen yang diutus kuliah di kampus tersebut dapat diterima.

Unhas sendiri sebut Sudirman, sangat terbuka dan mau menjalin kesepahaman dengan Unismuh Palu, bahkan Rektor Unhas Makassar Prof Jamaluddin Jompa meminta kepada pihak Unismuh Palu, agar MoU itu tidak hanya sebatas pada dosen Fakultas Kedokteran, melainkan berlaku untuk semua dosen yang ada di Unismuh Palu.

Katanya, Unhas Makassar terbuka untuk semua dosen Unismuh Palu yang mau melanjutkan S3, tidak hanya sebatas calon dosen Fakultas Kedokteran Unismuh Palu. “Sebenarnya memang dosen-dosen Unismuh Palu banyak lulusan Unhas Makassar, karena banyak yang ambil S3 itu di Unhas Makassar, dan itu juga saya sampaikan ke Prof Jamaluddin Jompa, makanya beliau minta dosen-dosen Unismuh Palu yang mau kuliah di Unhas dipersilahkan, Unhas sangat terbuka menerima,”sebut Sudirman.

Khusus untuk S2 Biomedik sebut Sudirman, mereka ini kuliah menggunakan sistem Afirmasi, dimana sistem perkuliahannya untuk teori menggunakan online, mereka ke Unhas Makassar setelah membutuhkan praktek.ENG