RAYA – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik bersama Banggai menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba sebagai pencegahan dini pada kalangan remaja pemuda di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Simpong, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Sabtu (11/5/2024).

Program kerja penyuluhan narkoba itu digagas oleh mahasiswa KKN UIN Datokarama bekerjasama dengan Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Banggai sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam upaya pencegahan narkoba.

Puluhan orang peserta yang hadir merupakan generasi muda Simpong dan pegawai kantor kelurahan setempat.

Dalam sambutannya, Ketua Kelompok Mahasiswa KKB UIN Palu berharap, mudah-mudahan dengan penyuluhan ini para peserta bisa menerima dan mendapatkan pengetahuan untuk dijadikan bekal masa yang akan datang terkait pencegahan narkoba. “Generasi penerus bangsa harus dibina dan dibimbing sehingga terbebas dari jebakan narkoba,” pesan Anrianzah.

Sementara, dari Satresnarkoba Aipda Arifin Yahya mengatakan, permasalahan narkoba tidak hanya bisa ditangani oleh aparat kepolisian saja namun perlu adanya kerjasama dari semua pihak termasuk di lingkungan pendidikan, salah satu upayanya dengan melaksanakan penyuluhan tentang bahaya narkoba ini.

“Jangan sampai coba-coba untuk menyalahgunakan narkoba dan apabila ada keluarga, teman yang terlanjur menjadi pecandu atau korban pecandu narkoba, segera untuk melapor kepada pihak terkait untuk direhabilitasi baik rehabilitasi medis atau rehabilitasi ,” terangnya.

Menurutnya, dalam menghadapi permasalahan narkoba, khususnya pada kalangan pemuda atau remaja harus diawali dengan berkomitmen untuk tidak mencoba narkoba, karena dengan awal mencoba bisa mengakibatkan kecanduan.*/MAN