RAYA – Ketua Sulteng, M. mengatakan, perlu membangun sinergitas dan kebersamaan semua insan olahraga untuk mewujudkan cita-cita Sulteng Emas. Program Sulteng Emas merupakan cita-cita Gubernur Sulteng pada PON XXI Aceh-Sumut 2024.
Menurut Nizar, untuk mewujudkan Sulteng Emas, perlu diawali dengan penataan organisasi. Ada empat variable untuk mencapai puncak di PON, yaitu penataan organisasi, pendanaan, sarana dan prasarana, dan sumber daya manusia.
“Jika salah satu variabel itu kita tinggalkan, maka nonsense kita bisa mencapai puncak prestasi. Itu perlu kita catat bersama,” ujar Nizar Rahmatu dalam sambutannya pada acara Pembukaan Rapat Kerja Provinsi () KONI Sulawesi Tengah, di salah satu hotel Kota , Selasa malam (30/4/2024).
Nizar Rahmatu juga mengapresiasi atas langkah-langkah Gubernur Sulteng mewujudkan Sulteng Emas dengan membetuk Satgas PON yang dipimpin oleh Danrem 132/Tadulako, Brigjen TNI Dody Triwinarto.
“Alhamdulillah cita-cita Bapak Olahraga Sulteng, Rusdy Mastura mewujudkan Sulteng Emas perlu kita sahuti bersama, dengan semangat Pakaroso terus kita lanjutkan. Insya Allah PON Aceh-Sumut tidak lama lagi akan digelar, Bapak Gubernur memberikan energi baru terhadap dengan membentuk Satgas PON yang dipimpin oleh Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Dody Triwinarto untuk membantu KONI mewujudkan Sulteng Emas,”jelasnya.
Pada kesempatan itu, Nizar berharap agar pencapaian prestasi PON XXI Tahun 2024 harus melebihi pelaksanaan PON XX sebelumnya yang dilaksanakan di Papua. Termasuk, soal standar Training Center dan standarisasi peralatan-peralatan untuk atlet.
“Alhamdulillah, hasil hitungan Binpres, apa yang kita ajukan kepada gubernur perlu disikapi secara bijaksana, benar-benar objektif karena standarisasi dalam menerapkan sport science tentu harus sesuai dengan standar ahli ilmu faal olahraga,”jelasnya.
Pada PON XXI Aceh-Sumut 2024, Provinsi Sulteng berhasil meloloskan 219 atlet dari 31 cabang olahraga. Sulteng menargetkan 15 Emas di PON 2024 dan berada di peringkat 10 besar klasemen akhir perolehan medali secara nasional.
Pembukaan Rakerprov KONI Sulawesi Tengah dihadiri ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, Waketum II Bidang Organisasi dan Binpres KONI Pusat Soedarmo, Gubernur Sulteng yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Farid Yotolembah, Forkopimda Sulteng, dan Kadispora Sulteng Irvan Aryanto.
Adapun Peserta Rakerprov KONI Sulawesi Tengah adalah KONI Kab/Kota se-Sulteng, Pengprov Cabor dan Organisasi Olahraga Fungsional KONI. WAN