Kementerian Agama Launching Senam Indonesia

RAYA – Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama () Provinsi Sulawesi Tengah secara daring mengikuti Launching Senam Haji Indonesia sekaligus Peragaan Batik Haji Indonesia yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia yang dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Ahad (28/4/ 2024).

Untuk Kanwil Kemenag Sulteng launching Senam Haji dilaksanakan bertempat dihalaman Kanwil Kemenag yang diikuti calon jemaah haji, Petugas Haji, petugas kloter, Pembimbing Ibadah, petugas kesehatan, KBIH Babussalam, dan Jalan Gajah Mada.

Kakanwil Kemenag Sulteng diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Makmur Muhammad Arief, dalam arahannya menyampaikan kegiatan ini pertama kalinya diprogramkan Kementerian Agama sebagai ikhtiar pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan jemaah haji yakni dengan menciptakan Senam Haji Indonesia. Karena kesehatan jemaah haji saat ini menjadi perhatian pemerintah.

Berbagai ikhtiar pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan jemaah haji terus dilakukan. Salah satunya dengan menciptakan Senam Haji Indonesia. Olehnya upaya menjaga kesehatan para jemaah sepanjang prosesi haji menjadi perhatian. “Dengan senam ini, kami berharap jemaah dapat tetap bugar dan sehat sepanjang prosesi penyelenggaraan ibadah haji,” ujar Makmur Muhammad Arief.

Makmur Muhammad Arief mengungkapkan senam haji ini menjadi bagian dari manasik jemaah haji. Selain senam haji, ada juga senam peregangan jemaah haji. Ini fungsinya untuk menjaga istita'ah kesehatan jemaah haji.

Menurutnya senam haji ini menjadi hal yang selalu di lakukan semenjak berangkat nanti sampai kembali ke tanah air. “Tentu ini menjadi baik buat kita semua karena diperjalanan haji ternyata secara istita'ah kita benar-benar 75 persen itu adalah kegiatan fisik yang selalu kita harus perhatikan, selebihnya 25 persen untuk zikir rohaniah,”sebutnya.

“Salah satu kesyukuran adalah kita ditetapkan dan ditakdirkan oleh Allah SWT, secara jasmania kita masih diberikan umur, tapi secara rohaniah niat hajat kita insyaAllah sudah dijabah oleh Allah SWT menunggu kita di Rauda, di Multazam dan Baitullah insyaAllah Aamin Ya Rabbal Alamin,” sambung Makmur.

Makmur mengatakan calon jemaah haji Provinsi Sulawesi Tengah kloter pertama akan masuk Asrama Haji Transit tanggal 23 Mei 2024 kemudian menuju embarkasi Balikpapan 24 Mei.

“Mari kita sama-sama untuk selalu saling mengingatkan untuk bersama-sama menjaga kesehatan,”pesan Makmur. */ENG