RAYA – Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjenpauddikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (, Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB), dan Konsorsium Pendidikan Bencana, mengadakan Webinar dengan tema SPAB Siap Untuk Selamat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2024.

Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., selaku Kepala BNPB, memberi sambutan webinar dengan menekankan bahwa pelaksanaan kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana harus berlangsung dengan konsisten, dan secara regular setiap tahun.

“Memandang pentingnya kesiapsiagaan yang dimulai dari individu, keluarga, masyarakat, maka dalam rangka hari kesiapsiagaan bencana tahun 2024, BNPB mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut serta dan berpartisipasi aktif pada hari kesiapsiagaan pada Tanggal 26 April mendatang. Karena penanggulangan bencana adalah urusan bersama,”sebutnya dalam sambutan webinar yang disiarkan langsung melalui Ditjen PAUD Dikdasmen, Selasa (23/4/2024).

Drs. Triyantoro, M.Si., selaku kepala biro umum dan pengadaan barang dan jasa Kemdikbudrisdek, juga turut diundang sebagai pembuka webinar. Dalam webinar itu mengatakan bahwa pemerintah pusat akan terus bekoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan bahwa setiap sekolah memiliki rencana kesiapsiagaan yang solid dan aktual.

Dalam kesempatan ini, ia mengajak seluruh satuan pendidikan, dengan melakukan pilihan kegiatan yang terbagi atas beberapa poin, antara lain, pertama melakukan sosialisasi, , dan kampanye sosial media terkait SPAB. Kedua Peningkatan keterampilan dan kapasitas satuan pendidikan dalam penyelengaraan SPAB, ketiga Melakukan pengecekan kondisi saran dan prasarana keselamatan, penyusunan prosedur tetap kedaduratan, dan kesiapan personil dalam satuan pendidikan.

Berikutnya keempat Uji sistem dan peringatan dini. Pengecekan jalur, rambu, dan tempat evakuasi yang ada di lingkungan satuan pendidikan, dan yang terakhir kelima Melakukan latihan penyelamatan diri dan evakuasi pada tanggal 26 April. MG1