RAYA-Universitas Muhammadiyah () , sebuah institusi pendidikan tinggi di Sulawesi Tengah, mempertegas komitmennya untuk terus memberikan layanan kepada mahasiswanya, diantaranya bagi mereka yang berasal dari kelompok prasejahtera.

Komitmen itu diungkapkan Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. , SE., MM., dalam menyikapi masih tingginya angka putus sekolah dan pendidikan tinggi di Indonesia akibat faktor ekonomi.

Dalam upaya konkrit untuk mewujudkan komitmen ini, Unismuh Palu mengimplementasikan dalam beberapa bentuk skema kebijakan program diantaranya berupa skema pemberian beasiswa program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dari Pemerintah yang diberikan kepada prasejahtera berprestasi akademik.

Beasiswa ini diharapkan dapat memberikan bantuan finansial kepada mahasiswa yang membutuhkan, membantu mereka tetap fokus dalam mengejar ilmu di lingkungan pendidikan tinggi.

Rektor Rajindra menekankan bahwa Unismuh Palu percaya pada prinsip kesetaraan akses pendidikan, tanpa memandang latar belakang ekonomi. “Setiap mahasiswa memiliki potensi luar biasa, dan sebagai lembaga pendidikan, tugas kami adalah memberikan dukungan penuh kepada mereka untuk meraih maksimal,” ujar Prof Rajindra, Jumat (5/4/2024).

Katanya, skema Beasiswa KIP Kuliah menjadi salah satu langkah untuk menciptakan lingkungan inklusif, di mana setiap mahasiswa memiliki peluang yang setara. Program ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat finansial, tetapi juga menjadi motivasi bagi mahasiswa prasejahtera untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

Selain itu, juga berupa skema kebijakan angsuran sampai dua kali untuk pembayaran biaya SPP bagi mahasiswa prasejahtera. Hal ini juga dinilai sangat membantu meringankan bagi mereka yang belum beruntung secara ekonomi, namun berkeinginan untuk tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Langkah-langkah konkrit itu adalah bagian integral dari visi Unismuh Palu sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya fokus pada pembelajaran akademis, tetapi juga pada pengembangan karakter dan keberlanjutan sosial. Dengan menggabungkan pendidikan berkualitas dan komitmen terhadap pemerataan akses, Unismuh Palu berupaya menjadi wahana bagi generasi penerus yang unggul dalam segala aspek kehidupan. ENG