RAYA – Wali periode 2016–2021, Hidayat menyatakan siap maju kembali di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota tahun 2024. Niat Hidayat maju menjadi Wali Kota Palu, karena banyaknya dorongan dari masyarakat yang datang kepadanya.

“Insya Allah kita maju,” kata Hidayat kepada sejumlah wartawan, belum lama ini.

Awalnya, Hidayat mengatakan sudah ingin fokus pada usaha peternakannya di Desa Sidondo, . Tetapi, selama dua tahun di sana, banyak sekali kelompok masyarakat mendatanginya untuk turun kembali menjadi Wali Kota Palu.

Merespon banyaknya permintaan itu, Hidayat ingin memastikan bahwa dirinya masih diterima di masyarakat. Dia mengaku masih trauma atas banyaknya hujatan warga yang menyalahkannya  atas tragedi Bencana Alam Gempa Bumi tanggal 28 September 2018 yang lalu.

“Setelah saya turun dan menjelaskan berbagai macam persoalan terkait kebencanaan, akhirnya banyak yang menyatakan sikap (dukung maju wali Kota, red) setelah saya turun,”jelasnya.

Hidayat mengaku, setelah dijelaskan soal kebencanaan yang terjadi di Palu,  banyak masyarakat yang meminta maaf, karena selama ini masih ada stigma negatif soal dirinya yang menjadi penyebab terjadinya bencana alam di Palu.

“Bahkan ada beberapa masyarakat yang langsung membuat posko,”ungkapnya.

Setelah mendapat respon yang positif di masyarakat, saat ini Hidayat  sudah mulai turun kembali bertemu dengan warga. Alasan lain Hidayat ingin maju kembali menjadi wali kota karena ingin membangun Kota Palu melalui sektor jasa

“Karena kontribusi pendapatan Kota Palu memang dari sektor jasa. Dorongan jasa ini erat kaitannya dengan industri pariwisata,”jelasnya.

Selain itu,  Hidayat ingin maju jadi Wali Kota karena banyaknya program yang tidak dilanjutkan oleh Wali Kota Palu saat ini.

“Yang saya kejar ingin maju kembali adalah ada beberapa program yang ingin kita selesaikan. Kita ingin membangun kawasan wisata di Kota Palu, diantaranya wisata alam Salena, hutan kota, Uventumbu dan destinasi Sungai Palu,”pungkasnya.

Hidayat juga memastikan akan maju kembali menjadi Wali Kota Palu melalui jalur partai politik. Dirinya sudah melakukan silaturahmi dan komunikasi dengan sejumlah partai politik.

Untuk pasangan Wakil Wali Kota, Hidayat belum bisa memastikan, karena politik masih sangat dinamis. Salah satu syarat yang ditetapkan Hidayat untuk calon wakilnya adalah dapat diterima dengan baik di tengah-tengah masyarakat.  WAN