RAYA- Presiden Joko Widodo () dalam kunjungan kerjanya di Sulawesi Tengah meresmikan rehabilitasi gedung Anutapura Medical Center (AMC) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anutapura , Selasa (26/4/2024).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, gedung AMC tersebut merupakan satu-satunya gedung di Indonesia yang menggunakan teknologi konstruksi antigempa dengan memakan anggaran biaya sejumlah Rp244 Miliar dan dibangun diatas lahan seluas 19.000 meter persegi yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas kesehatan yakni IGD,Gawat darurat kebidanan,poliklinik, radiologi, lab, ruang rawat inap dan instalasi bedah sentral.

“Saya telah menerbitkan inpres No. 8 tahun 2022 tentang penuntasan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Sulteng yang akan berakhir di Desember 2024. ‌Alhamdulillah berkat kerja keras semua pihak, hari ini fasilitas publik, jalan, jembatan, fasilitas pendidikan, kesehatan, serta aktivitas sosial dan ekonomi sudah pulih kembali. Hari ini kita akan resmikan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan gedung layanan kesehatan fasilitas pendidikan dan hunian serta infrastruktur pemukiman pasca bencana, saat ini kita akan resmikan rekonstruksi gedung medical Center RSUD Anutapura yang dilaksanakan dari tahun 2021 sampai 2024,” kata presiden dalam sambutannya.

Selain meresmikan gedung AMC RSUD Anutapura presiden juga meresmikan Gedung Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu serta meresmikan pembangunan Hunian Tetap (Huntap) dan infrastruktur pemukiman pasca bencana yang telah dibangun sejak tahun 2019 sampai tahun 2024.

“Saat ini juga kita resmikan rekonstruksi universitas Islam Negeri Datokarama Palu yang dibangun dari tahun 2020 sampai selesai dengan biaya Rp139 Miliar diatas lahan seluas 34.000 m persegi yang meliputi sarana belajar, gedung perkuliahan, children center, auditorium, fasilitas olahraga, serta fasilitas pendukung lainnya. Meresmikan pembangunan hunian tetap dan infrastruktur pemukiman pascabencana yang telah dibangun sejak tahun 2019 sampai 2024 dengan total biaya Rp1 triliun 5 miliar, Meliputi pembangunan hunian tetap sebanyak 3.724 unit senilai 483 Miliar serta infrastruktur pemukiman senilai Rp571 Miliar,” katanya.

Sehubungan dengan itu, presiden mengimbau agar masyarakat Sulteng dapat menggunakan dan memanfaatkan fasilitas tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Infrastruktur yang sudah dibangun pascabencana ini dijaga dan digunakan sebaiknya-baiknya agar aktivitas masyarakat sepenuhnya bisa normal kembali, aktivitas sosial dan ekonomi dapat pulih kembali,” ucap presiden. JAN