SULTENG RAYA – Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong (Parmout), Richard Arnaldo menyambut Tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) di Rumah Jabatan Bupati, Senin (18/3/2024).

Acara penyambutan itu dirangkaikan dengan buka puasa bersama dan salat magrib berjamaah di rujab Bupati.  Selanjutnya tim safari Ramadhan tersebut melaksanakan shalat isya dan tarawih di masjid An Nur di Jalan Trans Sulawesi, Kelurahan Loji, Kecamatan Parigi.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Biro Kesra, Awaludin mengatakan, kegiatan safari Ramadhan sudah menjadi agenda tetap setiap tahunnya.

 Kegiatan itu katanya bertujuan menjalin silaturahmi antara Pemerintah Daerah, umat Islam dan masyarakat di tiap kabupaten dan kota yang dikunjungi.

“Kami berpesan dan sekaligus mengajak untuk mengoptimalkan bulan Ramadhan ini sebagai bulan introspeksi diri dan sekaligus bulan sosial untuk berbagi kebersamaan, dan meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dalam membangun Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan maju,” ujarnya.

Ditambahkannya, dengan adanya kegiatan itu juga menjadi wadah untuk menghimpun berbagai aspirasi masyarakat, untuk dijadikan bahan penting dalam menyusun program kebijakan pembangunan.

Menurut Awaludin, dengan berakhirnya pesta demokrasi , Gubernur mengajak seluruh masyarakat untuk kembali hidup normal dan bersatu lagi sebagai bangsa yang bersaudara.

 “Mari kita saling menjaga dan menghormati -nilai keluhuran dan kemuliaan bulan suci Ramadhan dengan memperkokoh silaturahmi dan kurukunan umat beragama demi terjaganya keamanan dan stabilitas, agar supaya roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik sesuai harapan,”imbaunya.

Sementara itu, Parmout, Richard Arnaldo dalam sambutannya mengatakan, kegiatan safari Ramadhan bertujuan menjalin tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat, juga menjadi ajang bagi pemerintah untuk memonitor jalannya roda pemerintahan dan pembangunan yang telah dilakukan selama Ini.

“Bulan Ramadhan merupakan tempat untuk mengevaluasi diri dan melihat ke belakang berbagai hal yang sudah kita perbuat selama sebelas bulan sebelumnya. Jika kita menginstrospeksi, mengingat dan merenungi apa yang telah kita perbuat pada bulan-bulan sebelumnya, maka kita akan memiliki sedikit banyak gambaran tentang nilai keagungan bulan Suci ramadhan kali ini,”ujar Richard..

Kunjungan tim safari Ramadhan itu juga dirangkaikan dengan penyerahan cendramata  oleh pimpinan rombongan, Staf Ahli Gubernur, Rohani Mastura. Penyerahan bingkisan dari Kakanwil Provinsi Sulawesi Tengah, KH. Ulyas Taha dan penyerahan bingkisan alat shalat secara simbolis berupa baju koko dan sarung oleh ketua Provinsi Sulawesi Tengah.

Turut hadir menyampaikan ceramah agama/hikmah Ramadhan, Ketua FKUB Sulteng, Ketua MUI Kota ,  KH. Zainal Abidin. */AJI