RAYA – Pekan Tilawitil Qur'an (PTQ), dilaksanakan selama dua hari dengan empat kategori perlombaan yang keseluruhannya diikuti sebanyak 135 peserta, bertempat di Radio Republik Indonesia (RRI) , Jalan Kartini, Kamis (14/3/2024).

Kepala Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Palu, diwakili oleh Samsu S.E sebagai Kepala Bagian Tata Usaha RRI Palu, mengatakan PTQ merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh LPP RRI di seluruh Indonesia. Dengan total 78 Satuan Kerja (Saker) RRI serentak menyelenggarakan PTQ di tingkat daerah masing-masing, dalam rangka membangun kebersamaan sekaligus meningkatkan minat baca Al-Qur'an bagi generasi muda.

Ervina Suge S.A.P selaku Ketua Panitia Kegiatan menyampaikan bahwa nantinya pemenang dari PTQ ini akan diberangkatkan ke Kota Yogyakarta untuk mengikuti perlombaan selanjutnya di tingkat nasional.

“Setelah dari sini, pesarta yang menangakan diberangkatkan ke Kota Yogyakarta, tepatnya di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Disana perlombaan dilaksanakan selama enam hari dari Tanggal 21 sampai 26 Maret,”sebutnya.

Ia juga menambahkan bahwa nantinya peserta yang berhasil berangkat ke Kota Yogyakarta, akan diberi tanggungan biaya dari Sakernya.

Tiga kategori perlombaan yang akan digelar RRI Palu yaitu, Lomba Tilawah, Lomba Tausiah, Lomba Adzan, dan Lomba Tahfidz' Qur'an. Sementara perlombaan yang dibuka untuk hari pertama pada Kamis, (14/3/2024), adalah Lomba Tausiah dengandurasi 7 menit untuk masing-masing peserta, Lomba Tahfidz' Qur'an, dan Lomba Adzan yang diikuti oleh peserta Sekolah Dasar (SD), Kelas I-III. Lalu dilanjutkan hari kedua pada Jumat, (14/3/2024), dengan Lomba Tilawah sekaligus pengumuman pemenang dan penutupan kegiatan.

Adapun jumlah peserta dari masing-masing kategori perlombaan adalah, Lomba Tilawah sebanyak 34 peserta, Lomba Tausiah sebanyak 44 peserta, Adzan sebanyak 40 peserta, dan Lomba Tahfidz' Qur'an sebanyak 17 peserta.MG1