RAYA – Himpunan Islam Majelis Penyelamat Organisasi ( HMI MPO) Cabang telah menggelar musyawarah Konferensi ke XLVI, Ahad (3/3/2024) lalu. Konferensi dilaksanakan untuk melakukan evaluasi kinerja HMI dan memilih formatur Ketua Umum.

Pada konferensi kali ini, peserta yang merupakan perwakilan komisariat-komisariat memberikan amanat kepada Moh. Africhal sebagai Ketua Umum HMI MPO Cabang Palu untuk periode 2024-2025.

Moh. Africhal dalam sambutan pertamanya, menegaskan arah gerakan yang ingin dicapai pada masa kepemimpinannya.

“Langkah awal yang akan dilakukan adalah membentuk komposisi kepengurusan yang efektif, untuk merumuskan dan menentukan arah himpunan kedepan berdasarkan konstitusi dan pedoman-pedoman yang ada dalam organisasi,” katanya.

Kemudian, kata dia, berusaha melaksanakan amanat konferensi HMI MPO Cabang Palu dengan mempertimbangkan rekomendasi, kritik dan saran untuk membangun organisasi yang lebih baik kedepannya.

“Saya secara pribadi mengajak kepada seluruh kader HMI MPO Cabang Palu untuk selalu berpegang kepada Khittah Perjuangan dan Konstitusi HMI, serta menjaga independensi diri, dan independensi organisasi. Kita juga menegaskan posisi setiap kader maupun himpunan agar selalu berpihak kepada kebenaran dan keadilan sekalipun itu sukar dilaksanakan,” jelasnya.

“Agar tujuan HMI bisa teraktualisasi dalam masyarakat, binalah diri dengan berpegang kepada tali yang tak akan pernah putus,” lanjut Moh. Africhal.

Dalam sambutan itu, Mahasiswa asal UIN Datokarama Palu ini juga memberikan pesan-pesan kemanusiaan dan belasungkawa kepada kaum tertindas (mustadaafin) di belahan dunia manapun, dan mengutuk dengan keras tindakan yang merendahkan harkat dan martabat manusia lainnya.

“Atas nama dan agama, tindakan-tindakan tersebut harus dikecam dengan bentuk tindakan nyata berupa perlawanan oleh setiap manusia yang memiliki hati nurani berdasarkan level kemampuan masing-masing,” jelas Africhal.

Africhal juga menegaskan, HMI MPO dikenal dengan gerakan mahasiswa yang mengedepankan keilmuan dan memberikan kontribusi nyata dalam masyarakat.

“HMI MPO akan selalu pro terhadap rakyat dan memperjuang hak-hak kaum tertindas,”tegasnya. *WAN