RAYA – Kepala Bidang Ekonomi pembangunan Kelurahan Layana Indah, , Muarkam, mendorong peran aktif masyarakat untuk bersama melakukan pencegahan di wilayahnya.

Hal yang paling mungkin dilakukan masyarakat dalam membantu pemerintah, kata dia, yakni menjaga asupan nutrisi yang cukup pada setiap elemen keluarga sehingga pola hidup sehat dapat dipenuhi.

“Terkadang, kesadaran akan pentingnya gizi seimbang dan pola hidup yang sehatmasihrendahdikalaganmasyarakat,” kata Muarkam kepada Sulteng Raya, beberapa waktu lalu.

Saat ini, kata dia, angka stunting di kelurahan itu sebanyak 42 kasus dan masuk kategori meningkat.

Kata dia, meningkatnya angka stunting tersebut memicu keprihatinan pemerintah, sehingga, dalam upaya penanggulanan, pihak kelurahan telah mengambil langka strategis, seperti meningkatkan intensitas sosialisasi demi kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi seimbang dan pola makan yang sehat.

“Program itu dilakukan langsung oleh pihak Kelurahan, Puskesmas, dan kadernya dalam melayani, memberikan makanan yang di masak sendiri dari kader kelurahan kepada warga yang terdampak stunting,” katanya.

Kelurahan juga menggalakkan program pemerikasaan kesehatan rutin bayi dan ibu hamil.

“Namun, kami terus berupaya untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran dan layanan kesehatan demi mengatasi masalah stunting. Meskipun tantangan yang dihadapi masih besar, langkah-langkah yang diambil pihak Kelurahan Layana Indah merupakan hal yang positif dalam upaya mengurangi angka stunting dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak,” katanya.

“Kami berharap, dengan kerja keras bersama, angka stunting dapat dikurangi dan masa depan anak Kelurahan Layana Indah dapat lebih baik kedepannya,” ujarnya menambahkan. MG2