RAYA- Rektor Universitas Tadulako () Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT mengisi orasi ilmiah pada Wisuda Sarjana dan Pascasarjana ke – VI UIN Datokarama dengan judul “Percepatan Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi Melalui Transformasi Teknologi ”.

dalam orasinya menyampaikan berbagai tantangan dan hal yang perlu dipersiapkan oleh para lulusan di era Smart Society 5.0. Menurutnya, tantangan perguruan tinggi di Era Smart Society 5.0 adalah Emerging Technology and , munculnya teknologi dan inovasi digital, yang disertai dengan adanya Culture shift, pergeseran budaya serta perubahan kebutuhan industri.

Katanya, perguruan tinggi diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu menghadapi perubahan zaman dan memenuhi kebutuhan industri. Tantangan era digital saat ini diantaranya menjaga keamanan dan privasi, peningkatan penggangguran akibat kemajuan teknologi, mudahnya tersebar hoax, ketidaksetaraan akses digital dan berkurangnya sosial akibat kesibukan di dunia maya.

“Meski begitu, tetap harus dipandang optimis yang dapat membawa kita untuk lebih maju dalam kualitas pendidikan literasi digital yang lebih baik,”papar Prof Amar, di Aula UIN Datokarama Palu, Kamis (29/2/2024).

Rektor Untad turut menambahkan bahwa Softskill dan Hardskill sangat penting untuk dimiliki para lulusan. Oleh karena itu, Rektor mengucapkan selamat kepada para wisuda Sarjana (S1) Dan Pascasarjana (S2-S3) ke-VI UIN Datokarama Palu yang berkompeten diberbagai keahlian.

“Apalagi dibawah naungan Rektor saat ini, Prof. Dr. Lukman S. Thahir, M.Ag , UIN Datokarama Palu semakin berbenah untuk memasuki era digital apalagi merupakan mitra Universitas Tadulako,” tambahnya.

Menutup orasinya, Rektor Untad menyampaikan bahwa di era ini, penting sekali agar setiap alumni memiliki keterampilan seperti critical thinking, productivity communication dan collaboration, leadership dan creativity.  Mengembangkan kearifan lokal seperti dan budaya lokal perlu didorong oleh perguruan tinggi untuk memperkaya dengan konteks lokal mereka.ENG