RAYA –   Ketua Umum Sulteng, M , SSos. AIFO  mengakui jika kemajuan olahraga di daerah ini, tidak lepas dari  tangan dingin Kapolda Sulteng, Irjen Agus Nugroho.

Berkat Support dan dukungan Irjen Polisi Agus Nugroho, olahraga Sulteng  maju dari segi cabang olahraga hingga perbaikan peringkat atlet.

Upaya dan langkah nyata ini terwujud karena terbangunnya sinergitas antara institusi Kepolisian, TNI, Pemerintah Daerah dengan KONI Sulteng selaku wadah berhimpun cabang olahraga (Cabor).

Ditambah lagi, komitmen yang kuat  baik dari Gubernur Sulteng, H Rusdy Mastura maupun  Danrem 132/Tadulako Brigjen Brigjen TNI Dodi Triwinarto dalam  upaya memajukan dunia olahraga di Provinsi Negeri Seribu Megalit ini.

Inisiator Olahraga Indonesia ini mengatakan, berbagai terobosan  dilakukan   dalam upaya pengembangan olahraga, baik itu melalui IPTEK  maupun sport science.

Kemudian menjalin kerja sama dengan untuk menjaring para atlet berprestasi, menjadi anggota . Tentunya, melalui serangkaian tes sesuai dengan ketentuan yang berlaku di perekrutan Polisi.

Termasuk juga mempersiapkan diri jelang perhelatan akbar PON XXI Aceh-Sumut dan menjadi tuan rumah pelaksanaan PON Pantai 2024.

Meski KONI sendiri masih minim dalam hal ketersediaan anggaran, namun  hal tersebut tidak menyurutkan niat dan langkah KONI untuk terus memajukan olahraga.

“Alhamdulillah, berkat dukungan Gubernur, Kapolda dan Danrem raihan prestasi ditorehkan atlet-atlet Sulteng. Termasuk  baru banyak tercipta, pada beberapa iven olahraga,” ujar Nizar, Selasa (27/2/2024).

Nizar pun menyadari  bahwa salah satu upaya memajukan olahraga, selain memiliki agenda dan program yang jelas, harus pula dibarengi dengan semangat yang kuat serta spritual yang tinggi. Dan tidak kalah penting adanya dukungan dari para pemangku kebijakan termasuk  masyarakat dan pihak swasta.

“Sangat penting membangun sinergitas  antara pemerintah, TNI/Polri,  KONI, pihak swasta, pengurus cabang olahraga, pelatih, dan atlet. Kekompakan semua elemen yang terlibat akan menjadi modal yang kuat dalam meraih prestasi. Apalagi didalamnya ada pertaruhan harkat, martabat dan harga diri daerah,” pungkasnya. *WAN