RAYA- Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) melakukan penananman pohon produktif di lingkungan madrasah sebagai upaya mengantisipasi pemanasan global.

Tanaman produktif tersebut terdiri dari pohon Mangga dan Jambu. Kepala MAN IC Palu, Hj. Mardiati Rosmah, S.Ag., M.Ag mengatakan penanaman pohon merupakan untuk masa depan dengan membangun mental yang sadar mitigasi bencana serta peduli terhadap lingkungan.

Tidak hanya itu, penanaman pohon buah khususnya, juga merupakan upaya membangun ketahanan pangan sekaligus sebagai instrumen tambahan nutrisi bagi anak-anak. “Kita tanam pohon produktif, karena selain bermanfaat  sebagai  menghijaukan lingkungan, juga dapat dimanfaatkan buahnya oleh anak-anak kita,”sebutnya, Selasa (27/ 2/2024).

Katanya, lahan yang dimiliki madrasah unggulan ini cukup luas sekitar 10 hektar, belum semua termanfaatkan, sehingga lahan yang kosong akan ditanami pohon produktif agar dapat menjadi agrowisata dan dapat dikunjungi setiap tamu yang berkunjung ke madrasah ini.

Penanaman 1000 pohon itu akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari kemarin, Selasa (27/ 2/2024) dihadiri langsung oleh Kanwil Sulteng yang diwakili Bagian Umum Kasub Humas, Ratna Mutmainah S.Pdi dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Palu – Poso diwakili Rendy Ahmat Yani.

Aksi penanaman pohon itu serentak dilakukan di seluruh MAN IC  se Indonesia. Terdiri dari 24 MAN IC termasuk di dalamnya adalah MAN IC Palu, hasil kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Kemenag RI, dan Kemendikbudristek RI. MAN IC Palu sendiri mendapat jatah sebanyak 1000 pohon.

Mewakili BPDAS Palu – Poso, Rendy Ahmat Yani mengingatkan,  bahwa lingkungan madrasah harus dilakukan penghijauan, mengingat adanya perubahan iklim saat ini berupa pemanasan global, setiap orang disarankan melakukan penanaman minimal  25 pohon sepanjang hidupnya.

Sementara itu, Ratna Mutmainah mewakili Kanwil Kemenag Sulteng mengatakan bahwa kegiatan  ini adalah salah satu upaya mengantisipasi efek perubahan iklim berupa pemanasan global, ini bukan hanya sekadar menanam pohon, pohon itu sangat , setelah ditanam selanjutkan dirawat agar bisa hidup bertumbuh dan memberi manfaat bagi mahluk hidup di sekitarnya. ENG