RAYA – Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II , Revanda Bangun bersama Ketua Ikatan Psikologi Klinis Indonesia(IPKI) Sulawesi Tengah (Sulteng), Idris Y. Min'un menyambangi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan () Sulteng, Hermansyah Siregar untuk membahas terkait peningkatan Kapasitas Konselor Sebaya pada program Pendampingan Psikologi anak binaan di , Senin (5/2/2024) siang.
Kakanwil , Hermansyah Siregar menyambut hangat kedatangan tim LPKA Palu bersama IPKI Sulteng serta memberikan apresiasi atas inovasi layanan di awal tahun ini.
Hermansyah menyampaikan, penting bagi Lapas/Rutan dan LPKA memiliki tenaga Psikolog guna memastikan minat, bakat dan memberikan bimbingan serta memastikan semua layanan dapat menunjang keberhasilan pembinaan bagi seluruh warga binaan ataupun anak binaan. “Terima kasih atas inovasinya, tentu hal baik ini akan kita gaungkan bersama dan dilaksanakan sesuai rencana,” jelas Kakanwil Hermansyah.
Diketahui, kegiatan tersebut menjadi langkah strategi dalam memaksimalkan pelayanan di LPKA Palu khususnya dalam memberikan pendampingan psikologi bagi seluruh anak binaannya. Selaku Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun menyampaikan, pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal dalam proses pembinaan bagi seluruh anak binaan.
“Kita menggandeng IPKI Sulteng agar para petugas diberikan pelatihan dalam pemenuhan psikologi bagi anak binaan maupun warga binaan, jadi kedepanya para petugas pun dapat memberikan pendampingan psikolog,” ujar Revanda.
Selain itu, dirinya memastikan bahwa LPKA Palu yang menjadi salah satu unit pelaksanaan teknis di bawah naungan Kanwil Kemenkumham Sulteng akan siap untuk terus berkontribusi dalam meberikan pelayanan bagi seluh anak binaan. Bahwasannya akan dilakukan pelatihan bagi seluruh petugas atau yang dikenal dengan istilah Training of Trainer (ToT) bagi seluruh petugas di Lapas/Rutan dan LPKA yang rencananya dipusatkan di “Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, pastinya kita akan bersungguh-sungguh untuk menyukseskan rencana tersebut,” tambah Revanda.
Sementara, Ketua IPKI Sulteng, Idris Y. Min'un menyampaikan rasa bangganya karena dapat terlibat langsung dalam kegiatan ini serta memastikan untuk terus mendampingi hingga tuntas dalam pelaksanaan pelatihan bagi seluruh petugas. “Tenaga Psikolog sangat dibutuhkan dalam penentuan perkembangan dan tumbuh kembang bagi seluruh warga binaan dan anak binaan, kita pastikan akan terus memberikan kontribusi nyata,” jelasnya.*/YAT