RAYA-Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama berdayakan komunitas pegiat musik di , dalam rangka menopang upaya pemerintah mengembangkan bakat dan minat di bidang seni musik.

“Upaya ini sekaligus menjadi satu kontribusi UIN Datokarama membantu pemerintah membangun kesejahteraan masyarakat,” kata Rektor UIN Datokarama Prof. H. Lukman S Thahir, Jumat (23/2/2024).

Salah satu kelompok pegiat musik yang diberdayakan oleh UIN Datokarama adalah pegiat musik acoustic. Mereka adalah Arifudin atau biasa disapa Ojo pemain gitar bass, Hendrik Siswanto gitaris sekaligus vocal,  Benny pemain biola/violin, dan Fuad pemian saksofon.

Mereka ini telah dilibatkan oleh UIN Datokarama pada kegiatan rapat kerja perguruan tinggi Islam negeri tersebut, yang berlangsung di Kota .

Dalam kegiatan itu, para pegiat musik itu menghibur para peserta di waktu – waktu istirahat.

Rektor mengatakan mereka para pegiat musik yang diberdayakan, tidak hanya dilibatkan dalam kegiatan – kegiatan seremonial UIN Datokarama. Melainkan, juga akan membantu UIN Datokarama mengembangkan bakat dan minat di bidang seni musik acoustic.

“Mereka bisa berbagi pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa UIN Datokarama pada hari senggang Jumat dan Sabtu,” sebutnya.

Pelibatan pegiat musik dalam mengembangkan bakat dan minat mahasiswa, sejalan dengan visi UIN Datokarama Palu yaitu  mengembangkan kemampuan mahasiswa menjadi wirausaha/enterpreneurship.

UIN Datokarama saat ini terus berupaya mengembangkan kompetensi mahasiswa dari aspek pengetahuan dan keterampilan termasuk di dalamnya kemampuan berusaha.

Hal ini agar mahasiswa UIN Datokarama ketika selesai menimbah ilmu pengetahuan jenjang strata satu, tidak menjadi pengangguran di masyarakat.*ENG