RAYA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Sulawesi Tengah (Kanwil ) melakukan teken Perjanjian Kerja Sama (PKS) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Provisnsi Sulawesi Tengah tentang jasa boga dan tata boga bagi petugas pemasyarakatan di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) se-Sulteng, Senin (19/2/2024) pagi di Aula Lapas Kelas IIA .

PKS tersebut, ditandatangani oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Ricky Dwi Biantoro bersama Kepala Dinkes Sulteng, Komang Adi Suhendra yang saat itu disaksikan secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Sulteng, Hermansyah Siregar serta seluruh Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan se- dan para pejabat tinggi Dinkes Sulteng.

Hermansyah menyebut, PKS tersebut merupakan salah satu dari implementasi komitmen bersama antara pihaknya bersama Pemerintah Daerah Provinsi Sulteng dalam membangun daerah bersama.

Kata dia, dengan adanya komitmen itu juga menguatkan tercapainya rencana aksi nasional Direktorat Jenderal Pemasyarakatan guna memberikan layanan kesehatan yang prima bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui layanan makanan yang terstandarisasi baik.

”Ini jadi penguat atas komitmen kita bersama dalam membangun daerah ini, PKS ini sangatlah mendukung terpenuhinya rencana aksi nasional guna memberikan layanan kesehatan yang baik untuk seluruh WBP, pelatihan Jasa Boga dan Tata Boga sangatlah berfokus pada dari kualitas layanan makanan, dari kondisi dapur, bahan makanan, hingga cara masaknya pun menjadi poin penting untuk kita penuhi dengan baik,” terang Hermansyah.

Sementara, Kepala Dinkes Sulteng, Komang Adi Suhendra mengaku bersyukur atas penandatanganan PKS tersebut, ia menyebut akan mendukung berbagai program pemenuhan hak kesehatan di seluruh satuan kerja pemasyarakatan di Sulteng.

Apalagi kata dia, komitmen itu memiliki tujuan yang baik yakni meningkatkan kapabilitas para petugas pemasyarakatan yang nantinya diharapkan dapat memberikan layanan makanan bagi seluruh WBP yang bergizi dan bersih. ”WBP adalah aset daerah kita, kita pun sangat bersyukur dengan PKS ini, kedepan akan terus kita tingkatkan bersama, kita pastikan kerjasama kita akan memberi dampak yang baik untuk seluruh WBP,” jelasnya.*/YAT