SULTENG RAYA-Direktur Operasional Dewi Aryani Suzana hadiri peresmian dua terminal Tipe A di wilayah Jawa Barat yaitu Terminal Leuwi Panjang di Kota Bandung dan Terminal Banjar di Kota Banjar oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo pada Sabtu (3/2/2024).

Keberhasilan revitalisasi dua terminal yang diresmikan pada hari itu terlihat dari peningkatan fungsi terminal yang tidak hanya menjadi tempat naik turunnya penumpang, namun dilengkapi dengan fasilitas umum yang modern seperti adanya playground, perpustakaan hingga area pemasaran produk-produk yang dapat meningkatkan nilai sosial dan ekonomi masing-masing wilayah.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan sebagai bagian dari fasilitas salah satu terminal ini adalah dengan menyelenggarakan Inovasi Samsat di Terminal Leuwi Panjang.

Dalam mengawali laporannya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa Terminal yang ada saat ini sangat modern dan dilengkapi berbagai fasilitas untuk menghilangkan stigma negatif  terminal yang telah lama terbangun, dan keberadaan terminal tersebut mampu menjadi pendorong dan penggerak ekonomi serta menjadi wadah kegiatan sosial dan seni budaya untuk melesatarikan kearifan lokal setempat.

Dewi Aryani Suzana menyampaikan bahwa Jasa Raharja sepenuhnya mendukung langkah nyata presiden dalam mewujudkan pelayanan publik untuk meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan kendaraan umum sebagai pilihan utama dalam mendukung moblisasinya.

“Ditingkatnya kualitas terminal sebagai komponen penting yang menarik minat masyarakat menggunakan kendaraan umum, harapannya operator angkutan umum juga mampu mengimbangi dengan memastikan kesiapan dan keamanan berkendara,  sehingga dapat  tercapai tujuan  Revitalisasi Terminal-Terminal ini yaitu mengurangi kemacetan dan meminimalisir terjadinya laka lantas,”sebut Dewi Aryani.

Dewi menambahkan, dukungan yang diberikan oleh Jasa Raharja bersama  Tim Pembina Samsat lainnya untuk meningkatkan minat masyarakat lebih mengenal terminal telah dilaksanakan dengan menempatkan salah satu inovasi terbaik bidang Kesamsatan di Terminal Tipe A Leuwi Panjang Bandung.  “Samsat Digital ini merupakan yang pertama di Indonesia dimana proses dari awal hingga akhirnya wajib menerima SKPD dilakukan secara self service,”jelasnya.

Saat meresmikan dua terminal tersebut, Presiden menyampaikan bahwa Pemerintah sepenuhnya mengupayakan Pembangunan Infrastruktur fasilitas publik untuk menunjang percepatan mobilisasi sehingga pemerataan dapat terjadi di seluruh wilayah Indonesia, dan dalam mewujudkannya Infrastruktur transportasi seperti terminal ini memegang peranan besar dan harus kita dukung bersama.

Selain itu permasalahan kemacetan yang sudah menjadi isue utama harapannya juga dapat diselesaikan melalui peningkatan minat masyarakat menggunakan angkutan umum.

“Semoga masyarakat lebih terdorong dan bersemangat menggunakan fasilitas transportasi umum baik itu Bis, Kereta api, Kereta Cepat, KRL, MRT, LRT seperti di Jakarta. Mari bersama menjaga Terminal Leuwi Panang dan Terminal Banjar yang ada di Provinsi Jawa Barat ini, juga fasilitas transportasi umum lainnya di seluruh Indonesia agar senantiasa aman, lancar, hingga memastikan keselamatan masyarakat penggunanya,” tutup Jokowi.*ENG