SULTENG RAYA – Kasi Humas Polres Banggai, Iptu Al Amin S.Muda mengatakan, Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menggelar program Hoegeng Award 2024. Program penghargaan itu, digelar Polri untuk mencari sosok polisi inspiratif masa kini.

“Olehnya itu, Polres Banggai mengajak dan mengimbau masyarakat untuk turut serta mengusulkan dan mendaftarkan sosok polisi terbaik versi mereka di lingkungan sekitarnya,” kata Al Amin di ruang kerjanya, Selasa (30/1/2024).

Kegiatan itu kata dia, diharapkan dapat memacu semangat anggota di lapangan untuk senantiasa berbuat baik dan melakukan tugas dengan bersungguh-sungguh. Dengan program penghargaan tersebut, Polri akan menyiapkan apresiasi bagi personel yang bekerja baik, sementara personel yang melanggar akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

“Pemberian reward ini dilakukan dengan menggunakan indikator yang terukur sesuai dengan proporsi tugasnya masing- masing, sehingga dapat memotivasi anggota untuk terus berprestasi dan berbuat baik,” terangnya.

Menurutnya, upaya ini dilakukan untuk merespons cepat dan baik semua kritik masyarakat, sehingga institusi Polri bisa menjadi lebih baik lagi ke depan. “Ajang ini digelar setiap tahunnya untuk menjaring Polisi teladan berdasarkan usulan masyarakat. Kami akan menjawab segala kritik dan masukan masyarakat demi perubahan ke arah yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Hoegeng Award 2024 lanjutnya, akan dianugerahkan kepada lima kategori, yaitu Polisi Inovatif, Polisi Berdedikasi, Polisi Berintegritas, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak serta Polisi tapal batas dan pedalaman.

“Kick off penjaringan kandidat penerima Hoegeng Award 2024 dimulai Senin (29/1/2024) dan akan diumumkan di acara penganugerahan pada Juli 2024 mendatang,” jelas Al Amin. */MAN