SULTENG RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka membuka secara resmi turnamen sepakbola piala ASKAB PSSI Banggai tahun 2023 di Stadion GOR Kilongan Kelurahan Kilongan, Kecamatan Luwuk Utara, Kabupaten Banggai, Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 24 tim itu, terdiri dari seluruh wilayah di Kabupaten Banggai untuk memperebutkan piala bergilir ASKAB Kabupaten Banggai.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai yang juga sebagai Ketua ASKAB PSSI mengatakan, dengan adanya turnamen piala ASKAB ini, akan dilakukan pembinaan secara terus-menerus kepada adik-adik pecinta olahraga sepakbola, sehingga bisa menghasilkan bibit-bibit baru untuk Kabupaten Banggai yang dapat berkiprah baik di tingkat regional, nasional dan kalau bisa di tingkat dunia. Olehnya itu pengurus ASKAB, agar memberikan apresiasi kepada para pesertanya.

“Saya mendapat informasi, bahwa semua pemain yang ikut di turnamen ini adalah pemain lokal Kabupaten Banggai. Saya akan memberikan bonus yang cukup besar, dengan harapan bisa menggali potensi-potensi yang ada di desa dan kecamatan untuk bisa terhimpun di kabupaten,” kata Bupati.

Ia berpesan, agar semua tim berlaku sportif, jika ada tim yang menimbulkan kekacauan, agar diberikan pertimbangan untuk didiskualifikasi. Begitu juga wasit, harus bersikap adil dalam memimpin turnamen ini.
Sementara, Ketua Panitia Pelaksana, Sumitro Aliwu yang juga sebagai Wakil Ketua ASKAB PSSI Kabupaten Banggai mengatakan, turnamen ini adalah merupakan program kerja yang diinisiasi oleh Ketua Umum ASKAB PSSI Kabupaten Banggai Periode 2023-2027.

“Kegiatan ini menggunakan sistem setengah kompetisi dan 24 tim dibagi dalam 8 pool nantinya akan menyelesaikan pertandingan sampai dengan tanggal 24 Desember 2023,” terang Sumitro.
Ketua Kabupaten Banggai, H. Muntasar Abdul Azis juga memberikan motivasi kepada para peserta yang mengikuti turnamen sepakbola piala ASKAB PSSI Banggai tahun 2023.

Kegiatan pembukaan turnamen sepakbola piala ASKAB PSSI Banggai tahun 2023 itu, ditandai dengan Bupati Banggai didampingi Wakil Bupati (Wabup) Furqanuddin Masulili, unsur Forkopimda, Ketua KONI H. Muntasar Abdul Azis dan beberapa pimpinan OPD, melakukan tendangan bola perdana pada pertandingan antara SJS Luwuk FC Vs PERSEBAS Batui Selatan.

Usai melakukan tendangan bola pertama, Bupati Banggai berkesempatan berpose bersama dengan Persibal Banggai Women FC yang berhasil menjadi Runner Up di ajang Festival Pertiwi Cup tahun 2023 di beberapa waktu lalu. */MAN