SULTENG RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023 secara khikmad yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) di pelataran lapangan Mirqan Sport Center Bukit Halimun, Kompleks kantor Bupati Banggai, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Jumat (10/11/2023).

Sebelum melaksanakan upacara bendera, Bupati Banggai menyerahkan bantuan keuangan dari Provinsi Sulteng (Gercep Gaskan Berdaya) sebanyak Rp2.420.000.000 kepada 242 keluarga penerima manfaat melalui Kaban Bappedalitbang. Selanjutnya, penyerahan bantuan tunai dari Dinsos Provinsi Sulteng sebanyak Rp1.181.000.000 kepada 1.181 kepada keluarga penerima manfaat melalui Kadis Sosial Banggai dan Bantual Sosial (Bansos) alat bantu kursi roda kepada Saarimah Muhtar dan Sahawia Hali melalui Kelurahan Lontio Kecamatan Nambo.

Dalam sambutannya, Bupati Banggai membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI mengatakan, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri. “Karena para pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan pecundang dan kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah, sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi,” kata Bupati.

Dengan tangan mengepal dan dada menggelora kata Bupati, hanya berbekal bambu runcing para pahlawan dalam pertempuran 10 November menghadapi para musuh dan merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya. Dikala itu rakyat bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama serta pengikutnya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero nusantara, semuanya melebur menjadi satu dengan tekat merdeka atau mati. “Alhamdulillah kita bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi dapat dilihat dan dirasakan denyutnya diseluruh pelosok negeri,” ujarnya.

Berdasarkan itulah sambungnya, menjadi semangat yang berasal dari perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945, semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan, menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. “Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, mewujudkan masa depan yang lebih baik, bersama kita bangun usaha dan yang akan menjadikan indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju dan makin sejahtera,” jelas Bupati mengakhiri amanat Menteri Sosial RI.

Usai upacara Bupati Banggai bersama unsur Forkopimda dan seluruh pejabat lainnya, melaksanakan upacara ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Tuwis, dan bertindak selaku Irup Ketua DPRD Kabupaten Banggai, dilanjutkan dengan upacara tabur bunga di laut di Eks Astaqa MTQ Teluk Lalong dan bertindak sebagai Irup Wakapolres Banggai dan rangkaian upacara hari Pahlawan berakhir dengan acara ramah tamah di ruang rapat umum kantor Bupati Banggai. */MAN