RAYA – Otoritas Jasa Keuangan () Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyelenggarakan acara puncak Bulan Keuangan () Expo 2023 di Luwuk, bertemakan Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera, yang digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong mulai Sabtu 28 Oktober 2023 sampai dengan Ahad 29 Oktober 2023.

Dalam sambutannya Ketua , Triyono Raharjo mengatakan, kegiatan BIK tahun 2023 ini adalah yang pertama dilakukan di luar ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, dan yang menjadi kehormatan pertama tentu adalah Kabupaten Banggai. “Alasan dipilihnya Kabupaten Banggai sebagai lokasi penyelenggaraan BIK karena aktivitas kedua di Sulteng ada di kabupaten ini,” kata Triyono.

Pelaksanaan BIK ini kata Triyono, merujuk pada Perpres Nomor 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif dan Permenko Perekonomian Nomor 4 Tahun 2021 tentang pelaksanaan Strategi Nasional Keuangan Inklusif. “Peraturan ini mengamanahkan bahwa di tahun 2024 nanti, masyarakat Indonesia 90 persennya sudah bisa merasakan layanan akses keuangan,” terangnya.

Ia mengaku, target 90 persen itu berat diwujudkan di wilayah luar pulau Jawa. Jadi di Indonesia bagian timur, dirasakan begitu sulitnya memperoleh akses itu, terutama jaringan fisik yang memang tidak semua daerah punya jaringan kantor lembaga keuangan.

Sementara, Bupati Banggai sangat mengapresiasi kepada OJK Sulteng yang telah memilih Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah penyelenggaraan BIK 2023. Ia optimistis, target layanan akses keuangan sebesar 90 persen dapat terwujud di Banggai, mengingat dari 24 kecamatan yang ada, akses layanan keuangan saat ini sudah mencapai 80 persen. “Kalau di daerah lain mungkin agak susah, tapi saya yakin dan percaya, di Kabupaten Banggai apa yang diamanatkan Presiden RI yaitu 90 persen tersentuh layanan keuangan itu akan tercapai,” tegas Bupati.

Menurutnya, hal itu diperkuat dengan pertumbuhan ekonomi Banggai yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Meski sempat anjlok di angka minus 2,4 persen akibat pandemi -19 saat ini ekonomi Banggai tumbuh hingga 7 persen. “Kegiatan-kegiatan yang ada di Kabupaten Banggai terus kita dorong untuk maju, sehingga seluruh masyarakat dapat tersentuh dengan apa yang dicanangkan oleh Presiden,” kata Bupati.

Selanjutnya Bupati Banggai bersama Kepala OJK Sulteng dan sejumlah pimpinan lembaga perbankan mengunjungi stand-stand pameran. */MAN