SULTENG RAYA – PT Tbk (“” atau “Perseroan”, IDX Ticker: INCO) dan entitas anaknya (secara bersama-sama disebut sebagai “Grup”) mengumumkan pencapaian keuangan yang tidak diaudit untuk triwulan ketiga 2023.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Jumat (27/10/2023), PT Vale menunjukkan kinerja produksi yang kuat dengan mencapai 17.953 metrik ton (t) selama triwulan III 2023. Pencapaian itu patut diapresiasi yang tentunya tidak lepas dari penerapan strategi pemeliharaan yang efektif serta kinerja operasional yang luar biasa.

Pada triwulan III 2023 dan periode sembilan bulan di 2023, harga realisasi rata-rata PT Vale masing-masing sebesar 16.204 US dollar dan 18.596 US dollar per ton, menunjukkan penurunan sebesar 10 persen dan 6 persen bila dibandingkan dengan harga realisasi rata-rata pada triwulan II 2023 dan sembilan bulan di 2022.

Meskipun terjadi penurunan harga, Perseroan berhasil mencatat peningkatan penjualan sebesar 7 persen selama sepanjang sembilan bulan di 2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan itu utamanya didorong oleh peningkatan volume pengiriman nikel dalam matte. Dengan demikian, total Laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (“EBITDA”) PT Vale sebesar 401,1 juta US dollar pada 9M23, melampaui 382,6 juta US dollar yang dicatat pada sembilan bulan di 2022.

Beban Pokok Pendapatan Grup selama sembilan bulan pertama 2023 sebesar 650,9 juta US dollar, meningkat 6 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama 2022. Kenaikan itu terutama disebabkan oleh konsumsi bahan bakar dan biaya-biaya terkait.

“Sebagai bagian dari inisiatif efisiensi berkelanjutan kami, PT Vale tetap menggunakan batubara sebagai sumber energi utama untuk burner sepanjang triwulan III 2023. Keputusan ini menyebabkan peningkatan konsumsi batubara sebesar 13 persen, yang sebagian diimbangi oleh penurunan konsumsi HSFO sebesar 7 persen dibandingkan triwulan sebelumnya. Peningkatan konsumsi diesel sebesar 5 persen terutama didorong oleh peningkatan kegiatan penunjang penambangan selama triwulan III 2023,” kata CEO PT Vale .

Dari sisi , Perseroan membukukan laba sebesar 52,6 juta US dollar pada triwulan III 2023, turun dibandingkan laba sebelumnya sebesar 70,4 juta US dollar pada triwulan II 2023 disebabkan oleh harga realisasi rata-rata nikel yang lebih rendah.

Selain itu, selama triwulan III 2023, PT Vale telah menginvestasikan belanja modal sebesar 65,7 juta US dollar, meningkat dari 60,8 juta US dollar yang dikeluarkan pada triwulan II 2023.

Peningkatan itu terutama dialokasikan untuk belanja modal keberlanjutan dan pertumbuhan. Meskipun terdapat pengeluaran yang lebih tinggi, Perseroan tetap mampu mengelola kas secara hati-hati dan melaporkan saldo kas dan setara kas sebesar 768,4 juta US dollar pada 30 September 2023, naik dari 719,9 juta US dollar pada 30 Juni 2023.

Komitmen Perseroan dalam menerapkan praktik penambangan yang baik telah mendapatkan pengakuan yang signifikan. Pada September 2023, PT Vale menerima tiga piala “Best of the Best” pada Good Mining Practice (“GMP”) 2023.

tersebut antara lain Sertifikat Aditama dan Piala “” atas prestasi dalam Aspek Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara, Aspek Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara, dan Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara. Selain itu, PT Vale juga menerima penghargaan “Utama” untuk Pengelolaan Bisnis Standardisasi dan Jasa Pertambangan.

Febriany Eddy juga menyampaikan rasa terima kasih kepada karyawan, kontraktor, dan pemangku kepentingan lainnya atas komitmennya dalam mengedepankan praktik penambangan yang baik.

Menyusul penandatanganan Perjanjian Definitif dengan Huayou dan Ford pada 30 Maret 2023, PT Vale dengan bangga mengumumkan penyelesaian evaluasi dan persetujuan Dewan atas tambang Pomalaa dengan investasi senilai 925 juta US dollar yang akan memasok bijih ke Pomalaa HPAL. Hal ini lebih lanjut untuk mendukung rantai pasokan di Indonesia.

Perseroan tetap berkomitmen untuk memprioritaskan peningkatan produktivitas dan efisiensi biaya, memastikan daya saing jangka panjang sambil menjunjung tinggi nilai-nilai kami: Keselamatan jiwa merupakan hal terpenting, Menghargai kelestarian bumi dan komunitas kita. RHT