RAYA – Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai, Syafrudin Hinelo membuka secara resmi Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Banggai itu, digelar di Kantor Kementerian Agama () Kabupaten Banggai, Sabtu (14/10/2023). Dengan tema, Mewujudkan Generasi Islami yang Cerdas, Beriman dan Bertaqwa Sesuai -nilai Islam Rahmatan Lil Alamin.

Dalam sambutannya, Kadis Pendidikan mengatakan, di tahun-tahun yang berikutnya akan berlanjut kegiatan seperti ini, Insya Allah dengan kegiatan ini, mudah-mudahan bisa memunculkan bibit-bibit yang unggul agar menjadi untuk Kabupaten Banggai. “Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai sangat mendukung kegiatan pentas PAI ini sebagai langkah menuju terwujudnya generasi emas yang beriman, cerdas dan berkarakter,” kata Kadis.

Olehnya itu lanjutnya, ucapan terima kasih Kepada Kementerian Agama yang juga turut membangun generasi yang akan kita persiapkan sebagai Generasi Emas di Kabupaten Banggai nantinya. “Saya berharap, kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga wadah untuk berbagi ilmu, pengalaman dan silaturahmi antara guru dan peserta didik,” tuturnya.

Sementara, panitia pelaksana Abidin melaporkan, lomba yang akan dipertandingkan yaitu Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), pidato, Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ), Cerdas Cermat, Kaligrafi, Debat PAI, Kreasi Busana dan Penulisan Cerita Remaja Islami. “Sebanyak 67 peserta tersebar di dalam 8 cabang lomba yang akan dipertandingkan kegiatan itu,” terang Abidin.

Menurutnya, para peserta yang memenuhi kualifikasi dalam seleksi tingkat kabupaten itu, akan melanjutkan perlombaan ke tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dilaksanakan di Kota . */MAN