RAYA – Staf Registrasi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II melakukan tertib administrasi guna kelengkapan Data Anak Binaan pada Sistem Data Base Pemasyarakatan (SDP) , sekaligus mengenalkan tugas dan fungsi (tusi) seksi Registrasi kepada para , Senin (9/10/2023) pagi.

Kelengkapan Data Diri Tahanan atau Anak Binaan yang baru memasuki merupakan salah satu unsur penting sebagai wujud tertib administrasi pada Petugas Registrasi, Akbar Pratama yang didampingi langsung oleh Kepala Subseksi Registrasi, Agung Purnomo melakukan wawancara langsung kepada anak binaan dengan inisial AM untuk melengkapi data diri pada data SDP di ruang registrasi LPKA Palu.

Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dari UIN Datokarama Palu, juga diajak dalam penginputan data diri anak binaan pada SDP.

Agung berpendapat, keterlibatan mahasiswa dalam melakukan tertib administrasi pada SDP merupakan salah satu transparansi layanan  kepada seluruh elemen masyarakat. “hari ini kami melakukan penginputan kelengkapan data diri anak binaan pada SDP dan kesempatan kali ini kami melibatkan mahasiswa PPL untuk turun langsung melihat kami memberi pelayanan kepada anak binaan, kiranya dapat menambah wawasan kepada mahasiswa PPL serta menjadi pengalaman selama  mereka berada disini,” terang Agung.

Petugas Registrasi bersama mahasiswa PPL mulai dengan melakukan wawancara secara harmonis dan humanis serta melakukan pendekatan yang memberikan kenyamanan kepada anak binaan. “sungguh momen yang luar biasa kami rasakan, petugas LPKA Palu sangat ramah, penuh sikap profesional dalam melakukan tugas. Dan ini menjadi pengalaman luar biasa yang dapat kami terima disini khsususnya,” ujar Mutia salah seorang Mahasiswa PPL UIN Datokarama Palu.

Kegiatan berlanjut dengan memberikan penguatan kepada mahasiswa PPL terkait pemenuhan besaran Remisi pada anak binaan. */YAT