RAYA-Universitas Muhammadiyah () menggelar workshop penelitian dan penulisan artikel ilmiah yang diadakan di Aula Rektorat pada hari Sabtu (7/10/ 2023).

Workshop ini diselenggarakan khusus untuk para dosen di kampus tersebut, dengan tujuan meningkatkan keterampilan mereka dalam menulis jurnal ilmiah. Workshop ini menjadi lebih istimewa karena dihadiri oleh dua pemateri dari akademisi Universiti Malaysia, yakni Assoc Prof. Dr. Aness Janee Ali dan Assoc Prof. Dr. Anwar Allah Pitchay.

Dua akademisi tersebut memberikan kontribusi dengan memberikan tips dan panduan praktis kepada para dosen Unismuh Palu. Salah satu sorotan acara ini adalah pembahasan tentang penggunaan Aplikasi (IA) dalam mendukung proses penulisan artikel ilmiah. Para dosen diajak untuk memahami cara efektif mengaplikasikan teknologi ini untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi penelitian mereka.

Assoc Prof. Dr. Anwar Allah Pitchay saat memberikan penjelasan terkait penulisan jurnal di hadapan peserta. Foto: Amiluddin

Workshop ini dihelat di Aula Rektorat Unismuh Palu, memberikan suasana yang formal namun tetap santai. Para peserta aktif terlibat dalam sesi diskusi dan tanya jawab, menciptakan lingkungan belajar yang interaktif. Assoc Prof. Dr. Aness Janee Ali dan Assoc Prof. Dr. Anwar Allah Pitchay membawa pengalaman dan pengetahuan mereka yang luas dalam dunia penelitian, memberikan inspirasi baru bagi para dosen Unismuh Palu.

Tidak hanya memberikan pengetahuan tentang teknik penulisan jurnal, namun kedua akademisi tersebut juga berbagi pengalaman pribadi dan tantangan yang mereka hadapi dalam karier penelitian mereka. Hal ini memberikan semangat tambahan kepada para peserta untuk terus mengembangkan keterampilan mereka dalam meneliti dan menulis artikel ilmiah.

Assoc Prof. Dr. Aness Janee Ali dan Assoc Prof. Dr. Anwar Allah Pitchay tidak hanya menyampaikan materi yang mudah dipahami, namun juga secara aktif terlibat dalam sesi interaktif. Mereka dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta, menjelaskan konsep-konsep yang mungkin kompleks, dan memberikan contoh kasus yang relevan. Pendekatan ini membuat materi yang disampaikan lebih mudah dipahami dan diaplikasikan oleh para peserta.

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. , SE., MM, turut menyampaikan apresiasinya terhadap kedua pemateri itu. Prof Rajindra mengungkapkan rasa terima kasih atas kesediaan waktu dan kontribusi mereka dalam membagikan pengetahuan berharga.

Prof Rajindra berharap bahwa hasil dari workshop ini akan memberikan dampak positif jangka panjang bagi pengembangan riset dan penulisan ilmiah di lingkungan kampus.

Kata Prof Rajindra, kegiatan seperti ini sangat penting dalam mendukung pengembangan akademik di Unismuh Palu. Dengan menghadirkan ahli dari luar, Unismuh Palu berusaha memberikan pandangan baru dan pemahaman mendalam tentang standar internasional dalam penulisan ilmiah. “Penulisan jurnal ilmiah adalah salah satu aspek kunci dalam menilai produktivitas dan kualitas akademik,”sebut Prof Rajindra.

Dimana dalam kegiatan itu, para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, tetapi juga keterampilan praktis yang dapat mereka terapkan dalam penelitian mereka kedepan. Materi workshop mencakup langkah-langkah praktis dalam menyusun kerangka penelitian, analisis data, hingga penyusunan artikel ilmiah yang berkualitas. Hal ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi para dosen Unismuh Palu untuk lebih aktif berkontribusi dalam publikasi ilmiah. ENG