RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka menghadiri seminar nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bekerjasama dengan Koalisi Membumi (KEM) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2023).

Berdasarkan dari DKISP Banggai, kegiatan yang mengusung tema, Tantangan Pembangunan Daerah ditengah Fenomena Perubahan Iklim, Ancaman Bencana Lingkungan dan Upapaya Lestari, dan seminar itu merupakan bagian dari upaya untuk mengintegrasikan isu lingkungan hidup dan ancaman bencana lingkungan sebagai bagian dari rumusan isu strategis dalam pembangunan.

Seminar Nasional itu, memiliki maksud utama untuk mencapai tiga tujuan penting yaitu, menyampaikan materi dan urgensi pembangunan daerah yang berkelanjutan kepada 100 Kabupaten target, mensosialisasikan Panduan Investasi Lestari (PIL) dan praktik pembangunan berkelanjutan yang telah dilakukan oleh Kabupaten percontohan dan memastikan komitmen 100 Kabupaten target dalam mengimplementasikan pembangunan daerah yang berkelanjutan di wilayah yurisdiksinya masing-masing.
Seminar Nasional yang diselenggarakan APKASI dan KEM itu menghadirkan sejumlah narasumber dari Kementerian diantaranya Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam (SDA), Kementerian PPN/Bappenas, kemudian dari Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, KLHK, Direktur PEIPD, Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kehadiran Bupati Banggai dalam seminar itu, menunjukkan keseriusan dan komitmen Pemerintah Kabupaten Banggai dalam upaya menjaga lingkungan hidup yang berkelanjutan serta menghadapi perubahan iklim. Mudah-mudahan Kabupaten Banggai dapat bersama-sama dengan Pemerintah Daerah lainnya menciptakan solusi yang efektif dalam mendukung pembangunan yang lestari dan berkelanjutan.
Diakhir kegiatan seminar nasional itu, akan dilaksanakannya deklarasi bersama 100 Kabupaten di Indonesia untuk menerapkan strategi kebijakan pembangunan daerah yang berkelanjutan. Dalam kegiatan itu, Bupati Banggai dipercayakan oleh APKASI sebagai salah satu perwakilan Pemerintah Daerah yang menandatangani deklarasi tersebut.

Deklarasi bersama itu, mencerminkan komitmen yang kuat dan keseriusan pemerintah daerah dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Hal itu juga sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Banggai yang telah aktif berpartisipasi dalam upaya-upaya untuk menjaga lingkungan hidup, menghadapi perubahan iklim dan menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan.

Dalam kegiatan itu, Bupati Banggai didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Banggai. */MAN