RAYA – Tim seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum () membuka pendaftaran untuk komisioner di tiga kabupaten yang ada di Sulteng.

Komisioner yang akan diseleksi khusus , dan Parigi Moutong () untuk periode 2024-2029.

Ketua Timsel, Rifai mengatakan, pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 5-16 Oktober 2023. Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi Siakba, kemudian berkas fisiknya diantar ke Sekretariat Timsel di Hotel Parama Su, Jalan Domba Talise .

Nantinya, kata Rifai, Timsel akan bekerja selama dua bulan untuk menyeleksi dua kali kebutuhan anggota KPU Kabupaten. Seluruh peserta akan melewati sejumlah rangkaian tes, diantaranya tes tertulis, tes psikologi, tes wawancara dan tes kesehatan.

Sementara itu, anggota Timsel Sahran Raden menjelaskan, seleksi kali ini cukup ketat dan penuh tantangan. Karena seleksi dilakukan di tengah-tengah tahapan Pemilu yang sedang berjalan.

Menurut Sahran, komisioner yang terpilih, bukanlah orang-orang yang sedang belajar, tapi orang-orang siap kerja.

“Tantangan bagi komisioner baru, tidak lagi belajar, tapi langsung bekerja. Karena, begitu terpilih langsung dihadapkan pada tahapan Pemilu yang krusial,”jelas Sahran Raden.

Pada kesempatan itu, Sahran menegaskan bahwa Timsel akan bekerja secara profesional dan independen.

Sejumlah tahapan penting pada pelaksanaan seleksi , Donggala dan Parigi Moutong diantaranya pendaftaran dimulai tanggal 5-16 Oktober 2023. penetapan hasil penelitian administrasi 24-25 Oktober 2023, serta seleksi tertulis dan tes psikologi 29 Oktober-6 November 2023. Selanjutnya, tes kesehatan dan tes wawancara 11-15 November 2023 dan pengumuman hasil seleksi Anggota KPU Kabupaten tanggal 18-19 November 2023.

Sahran Raden juga mengatakan, timsel akan membuka ruang tanggapan masyarakat atas track record calon anggota KPU yang dinyatakan lulus tes tulis dan psikotes. WAN