RAYA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah membangun gudang penyimpanan cadangan pangan daerah di , dalam rangka menyiapkan stok pangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Hal ini juga agar stok cadangan pangan tidak lagi bergantung dari gudang ,” kata Kepala Dinas Pangan Provinsi Sulteng Iskandar Nongtji di sela kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) di , Rabu.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sejauh ini belum memiliki gudang penyimpanan stok cadangan pangan. Stok cadangan pangan disimpan oleh di gudang milik Bulog.

Dengan dibangunnya gudang penyimpanan stok cadangan pangan, kata dia, Pemerintah Provinsi Sulteng memiliki gudang sendiri.

“Dengan adanya gudang sendiri, ini sangat memudahkan pemerintah, dimana pemerintah dapat menyimpan stok cadangan pangan, stok , dan dapat mengambil kapanpun dalam situasi dan kondisi apapun untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Gudang penyimpangan stok pangan, kata dia, untuk memudahkan dan mempercepat intervensi pemerintah terhadap daerah – daerah yang mengalami kondisi rawan kekurangan stok pangan.

Mantan Asisten Bidang dan Pembangunan Setda Pemkab Sigi itu mengatakan Sigi merupakan wilayah strategis, memiliki kekayaan sumber daya alam pada sektor , perikanan, kehutanan, dan peternakan, serta .

Sigi juga secara geografis letaknya dekat dengan IKN di Kalimantan Timur, sehingga alur distribusi bahan pangan untuk kebutuhan IKN sangat mudah.

“Selain itu, di Sigi ada eks lahan hak guna usaha (HGU) yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah untuk kepentingan pembangunan,” katanya.

Iskandar Nongtji mengemukakan gudang penyimpanan cadangan pangan dibangun di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.

Di desa ini terdapat lahan eks HGU seluas kurang lebih 362 hektare yang sebahagian telah digunakan oleh pemerintah untuk membangun hunian tetap penyintas gempa dan likuefaksi Sigi.

“Masih ada sekitar 150 hektare yang belum dimanfaatkan. Oleh karena itu, kami memohon dukungan bapak untuk mendukung pembangunan gudang stok pangan,” ujarnya.

Dinas Pangan, ujar dia, sangat berharap dukungan dari Pemkab Sigi untuk membangun gudang penyimpanan stok pangan di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru.

Sementara itu, Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan dukungannya terhadap pembangunan gudang penyimpanan stok pangan di Kabupaten Sigi.

Pemkab Sigi akan segera menindaklanjuti hal ini untuk menyiapkan lahan pembangunan gudang tersebut. ANT