RAYA-Sivitas Akademika Universitas Tadulako () memperingati hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2023 di halamana upacara dipimpin langsung oleh Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Amar, ST., MT.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila dilakukan setiap 1 Oktober ini bertujuan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam Gerakan 30 September 1965 oleh PKI atau biasa disebut peristiwa G30S PKI.

Dalam upcara peringatan hari Kesaktian Pancasila itu, selain pembacaraan teks Pancasila yang dipimpin Inspektur upacara dan diikuti oleh seluruh peserta upacara juga terdapat pembacaan ikrar oleh peserta upacara.

Ikrar tersebut berisi komitmen  untuk mempertahankan dan mengamalkan -nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

saat ditemui usai upacara mengatakan, Untad sebagai salah satu perguruan tinggi negeri senantiasa berkomitmen memegang teguh Pancasila sebagai dasar dan idiologi negara, dan pemahaman itu ditanamkan ke semua di kampus ini.

Baik dalam bentuk penananaman kepercayaan diri dan juga nilai-nilai kepancasilais kepada mahasiswa, bahkan dalam waktu dekat kampus ini akan menjalin kerjasama dengan Kapolda dan instansi terkait lainnya, untuk memberikan pendidikan belana negara kepada mahasiswa baru.

“Insyah Allah, kalau bukan bulan Oktober dan November tahun ini, kita akan melaksanakan pendidikan belana negara kepada mahasiswa baru, dan juga akan menularkan itu kepada mahasiswa lama,”sebut Prof Amar.

Pendidikan Belana Negara ini kata Prof Amar, merupakan salah satu perwujudan untuk memberikan nilai-nilai yang baik kepada mahasiswa, seperti wawasan kebangsaan, termasuk pemahaman nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. ENG