RAYA – Kesebelasan asal , Persipal Babel United (BU) gagal melanjutkan tren positif pada pertandingan ketiga Liga 2 tahun 2023/2024.

harus mengakui keunggulan tuan rumah Persipura Jayapura 1-3 pada laga yang berlangsung di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (28/9/2023) kemarin.

Persipura Jayapura unggul melalui gol striker asingnya, Enzo Callestine pada menit ke 34 dan 88, serta gol Marinus Wanemar menit 45 +1. Sementara gol hiburan Persipal BU hadir melalui kaki Fandi Pulu menit 57.

Dengan kekalahan ini, Persipal BU terlempar ke posisi 4 klasemen sementara grup 4 liga 2 tahun 2023/2024. Persipal BU baru mengoleksi empat poin, hasil satu kali menang, satu kali seri dan satu kali kalah.

Sementara Persipura Jayapura berhasil naik ke posisi 2 dengan mengoleksi lima poin, hasil dua kali seri dan satu kali menang.

Usai pertandingan, pelatih Persipal BU, Bambang Nurdiansyah mengatakan, faktor kelelahan, membuat pemain kurang maksimal. Bambang Nurdiansyah  yang akrab disapa Coach Banur mengatakan, pada pertandingan itu, dirinya tidak bisa memainkan striker andalan Irvan Mofu. Sementara Thales Lima dipaksakan main dalam kondisi tidak fit.

“Tetapi itu bukan alasan, kami akui Persipura kali ini lebih baik dari pada kita,”jelas Bambang Nurdiansyah.

Menurutnya, pemain Persipal BU perlu recovery yang cukup, karena tour Papua sangat melelahkan, sementara lawannya Persipura tampak lebih fresh.

“Bisa balas satu tadi menjadi surprise bagi saya, karena anak-anak dalam keadaan lelah,”jelas Banur.

Hal senada diungkap Kapten kesebelasan Persipal BU, Rendy Saputra yang mengakui bahwa Persipura tampil lebih baik, sementara pemain Persipal masih dalam kondisi kelelahan.

“Kami pemain mengakui Persipura lebih baik daripada kami. Kami sedikit kelelahan pada pertandingan sore ini. Kedepannya kami akan perbaiki lagi untuk melawan Persewar Waropen di pertandingan berikutnya,”jelas Rendy Saputra.

Di lain pihak, pelatih kepala Persipura Jayapura,  Tony Ho bersyukur bisa menampilkan yang  dan menuntaskan pertandingan dengan tiga poin.

“Terima kasih banyak kepada manajamen dan suporter. Dari awal saya katakan kepada pemain, bahwa tim yang datang ini merupakan tim yang bagus. Kalau mau menang harus kerja keras. Olehnya, kami juga terima kasih kepada pemain atas kerja kerasnya,”jelas Tony Ho.

Pemain Persipura Jayapura Gunansar Mandowen juga tidak lupa mengucapkan rasa syukur atas kemenangan perdana Mutiara Hitam di Stadion Mandala.

“Kita sangat bersyukur hasil hari ini, yah inilah Persipura yang semua orang inginkan yaitu kemenangan di Mandala. Semoga hasil ini kami pertahankan terus untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya,”kata Gunansar Mandowen, Kamis (28/9/2023).

Usai bertanding dengan Persipura, selanjutnya Laskar Tadulako masih akan berada di Papua untuk menghadapi Persewar Waropen yang rencananya akan dihelat 4 Oktober 2023 di Stadion Mandala.

Sepulang dari Papua,  Persipal BU akan menjamu dua klub asal Kalimantan yakni Kalteng Putra dan Persiba Balikpapan di Stadion Gawalise yang dijadwalkan berlangsung tanggal 13 dan 19 Oktober 2023. WAN