RAYA-Rektor Universitas Muhammadiyah () , Prof. Dr. H. , SE., MM, secara tegas mengajukan imbauan kepada seluruh kampus tersebut. Imbauan itu berfokus pada upaya mendeteksi dan melaporkan perilaku dosen “Nakal” kepada dirinya, yang mungkin mempersulit mahasiswa, baik dalam hal administrasi maupun penyelesaian studi.

Prof. Rajindra menekankan pentingnya partisipasi aktif mahasiswa dalam memberikan terkait dosen yang dianggap menyulitkan. Dalam pernyataannya, rektor menyatakan bahwa keterbukaan dan transparansi menjadi pondasi kuat dalam menciptakan lingkungan akademik yang sehat dan berkeadilan.

“Kami mendorong mahasiswa untuk tidak ragu-ragu melaporkan pengalaman mereka jika merasa diperlakukan tidak adil oleh dosen dalam segala aspek kehidupan akademik. Kami berkomitmen untuk memberikan respons yang cepat dan tindakan yang tepat,” ucap Prof. Rajindra, saat membuka perkuliahan di Kampus II Unismuh Palu di , Rabu, (20/09/2023).

Rektor juga menekankan bahwa laporan mahasiswa akan dijaga kerahasiaannya dan dipastikan tidak akan ada tindakan represif terhadap mereka yang melaporkan. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa mahasiswa merasa aman dan didukung dalam memberikan masukan terkait pengalaman mereka di lingkungan akademik.

Dalam konteks sanksi, Prof. Rajindra menjelaskan bahwa pihaknya tidak akan segan-segan untuk memberikan konsekuensi kepada dosen atau staf yang terbukti dengan sengaja mempersulit urusan mahasiswa. Sanksi tersebut dapat melibatkan berbagai tindakan disipliner, termasuk peringatan resmi, pembinaan, atau bahkan pemecatan jika diperlukan.

“Kami percaya bahwa keadilan harus dijunjung tinggi dalam pendidikan tinggi. Tidak boleh ada diskriminasi atau perlakuan tidak adil terhadap mahasiswa. Dosen dan staf harus memahami tanggung jawab mereka untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi,” tambahnya.

Langkah proaktif ini mencerminkan komitmen Unismuh Palu untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan bahwa mahasiswa merasakan dampak positif dari pengalaman belajar mereka.

Imbauan dari rektor diharapkan dapat membuka saluran komunikasi yang lebih baik antara mahasiswa dan pihak akademik, menghasilkan perubahan positif dalam dinamika kehidupan kampus.ENG