RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) melaksanakan di lapangan samping Kantor Dinas Pemuda Olahraga dan Olahraga (Dispora) Kota Palu.

Pasar murah yang rencananya dilaksanakan hingga hari ini, Rabu (27/9/2023) tersebut, merupakan salah satu rangkaian acara menyambur peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-45 Kota Palu yang jatuh pada 27 September 2023.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Palu, , menyampaikan terima kasih kepada para distributor telah bekerjasama dengan baik dalam penyelenggaraan pasar murah tersebut.

“Kita berharap ini bukan hanya hari ini saja, tetapi secara gradual yang memang sudah menjadi agenda dari Disperindag, yang menyebar ke kecamatan-kecamatan,” kata Wali Kota Hadianto saat membuka pasar murah, Selasa (26/9/2023).

Menurutnya, penyelenggaraan pasar murah seperti itu, sangat efektif memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Palu dengan harga terjangkau.

Namun demikian, kata dia, para pedagang diminta untuk mengarahkan masyarakat berbelanja sesuai kebutuhan.

“Jangan sampai kebutuhan mingguan, tapi belanjanya harian. Hal tersebut cukup penting, agar masyarakat mampu menyimpan uang dengan baik,” tambah wali kota.

Sebagai , bakal melaksanakan upacara puncak peringatan HUT ke-45 Kota Palu hari ini, Rabu (27/9/2023) di halaman Kantor Wali Kota Palu.

MAKAN SIANG BERASAMA DI MEJA SEPANJANG 45 METER

Rencananya, sejumlah rangkaian acara digelar pada puncak peringatan HUT ke-45 Kota Palu hari ini, Rabu (27/9/2023) di halaman Kantor Wali Kota Palu. Salah satunya, makan siang bersama dalam gelaran meja sepanjang 45 meter.

“Sajian makanan berisi menu tradisional khas Lembah Palu ini akan disajikan di Jalan Balai Kota Utara. Makanan khas, misalnya duo, nasi jagung, sayur pepaya dan menu tradisional lain. Warga dipersilahkan menyantap menu makanan tersebut setelah upacara peringatan HUT usai dilaksanakan,” jelas Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kota Palu, Imran Lataha, saat memimpin rapat persiapan HUT ke-45 Kota Palu di ruang pertemuan Bantaya, Gedung Kantor Wali Kota Palu, Senin (18/9/2023).

Makan bersama dengan konsep gelaran meja sepanjang 45 meter itu, kata dia, disesuaikan dengan usia HUT Kota Palu.

“Ini baru pertama kali digelar sebagai rangkaian HUT. Kedepan, menu makanan dalam makan bersama ini akan disiapkan oleh masing-masing OPD. Jadi setiap OPD itu menyiapkan satu menu termasuk ada OPD yang khusus mempersiapkan perlengkapan mulai dari meja dan wadahnya,” jelas Imran.

Ia menuturkan, Camat Palu Utara bakal bertindak sebagai komandan upacara, perwira upacara Kepala Kesbangpol, Ansar Setiadi, pembacaan doa dari Palu. Ketua DPRD Palu Armin rencananya membacakan singkat berdirinya Kota Palu.

Sedangkan Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura dijadwalkan menjadi inspektur upacara.

“Ini sedang kami komunikasikan. Kita berharap pak Gubernur Sulteng bisa langsung memimpin upacara,” ujar Imran.

Selanjutnya, tampilan kesenian rencananya diisi drum band dari TK Joyful kids. Kemudian, paduan suara dari TP PKK Palu, tari tradisional avo bulava, tari tradisional Tana Toraja dan lagu aura.

Lalu, pemutaran video pendek ucapan -ucapan dari pejabat nasional, provinsi dan pejabat lainnya.

“Ada rencana menampilkan testimoni video ucapan dari Mendagri,”sebutnya.

Sementara, dalam proses sebelum upacara akan diisi dengan tarian penyambutan tari peaju rombongan Gubernur dan Wali Kota dari rumah jabatan menuju kantor wali kota, rosesi adat dalam sambutan serta pemasan siga dan sampolu.

Selanjutnya rangakaian HUT diteruskan pada 28 September 2023. Rencananya akan diisi dengan kegiatan tabur bunga di tiga titik termasuk di pemakaman massal korban bencana di pemakaman Poboya

“Setelah tabur bunga untuk mengenang korban bencana, malamnya rangakaian akan dilanjutkan dengan dzikir bersama di halaman Kantor Wali Kota Palu,” tuturnya.HGA