RAYA-Dalam upaya mendukung kampanye pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah, SDN 6 Banawa menggelar acara sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan dan Pemberantasan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) pada tanggal 15 September 2023.

Sebanyak 70 peserta didik sekolah itu sebagai peserta dengan antusias mengikuti kegiatan ini, menunjukkan keseriusan sekolah dalam menghadapi tantangan penyalahgunaan narkoba. Sosialisasi ini diadakan sebagai wujud komitmen SDN 6 Banawa dalam melindungi generasi muda dari bahaya narkoba yang semakin meresahkan masyarakat.

Mengambil peran sebagai narasumber utama adalah Azhar M, S.Pd., seorang Analis Masyarakat dari Badan Nasional () Kabupaten .

Azhar membawakan materi yang komprehensif dan informatif seputar narkoba, meliputi pengertian narkoba, jenis-jenis narkoba yang berbahaya, serta dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh penyalahgunaan narkoba.

Dalam pemaparannya, Azhar juga menjelaskan secara rinci faktor-faktor yang mendorong seseorang untuk menyalahgunakan narkoba, termasuk tekanan sosial dan pengaruh teman sebaya. Ia menyoroti tanda-tanda dan gejala yang patut diwaspadai agar bisa mengidentifikasi potensi penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitar.

Selain itu, narasumber juga membahas efek negatif yang dapat timbul jika seseorang terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba, seperti gangguan kesehatan fisik dan mental.

Setelah pemaparan materi yang informatif dan menggugah, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif. Peserta aktif bertanya dan berdiskusi lebih lanjut dengan Azhar tentang berbagai aspek terkait narkoba.

Sesi ini memberikan peluang bagi peserta didik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam dan menjawab keraguan yang mungkin mereka miliki tentang masalah ini.

“Sosialisasi P4GN ini bukan hanya sekadar memberikan pengetahuan, tetapi juga merupakan langkah awal dalam menciptakan kesadaran dan pemahaman yang mendalam tentang bahaya narkoba di kalangan generasi muda,”sebut Azhar.

Diakhir kegiatan, Azhar berpesan kepada semua peserta untuk tetap waspada terhadap bahaya narkoba dan menjaga diri mereka sendiri serta teman-temannya. Ia mengingatkan bahwa pengetahuan yang mereka dapatkan hari ini adalah senjata ampuh dalam melawan penyalahgunaan narkoba.

Pihak sekolah berharap, melalui kegiatan ini, para peserta didiknya akan lebih mampu mengambil keputusan bijak dan menjauhi narkoba. ENG