RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili membuka secara resmi sosialisasi Aplikasi Siap Connets di ruang rapat umum kantor Bupati Banggai, Kamis (21/9/2023).
Kegiatan yang diselenggarakan oleh BPKAD Kabupaten Banggai yang bekerjasama dengan BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) itu, dihadiri sebanyak 56 instansi, Plt Kepala BPKAD Banggai Ramli Tongko, Staf Ahli Bupati, para Kaban, Kadis, Sekdis, Camat, Sekcam, PPTK dan PPK se-Kabupaten Banggai, serta menghadirkan dua orang narasumber dari BPK RI Perwakilan Sulteng, Ignatius Prasetyo dan Ahmad Jaelani.

Dalam sambutannya, Wabup Banggai mengatakan, kegiatan pemeriksaan yang dilaksanakan oleh BPK RI ini merupakan tugas rutin yang selalu kita sambut yang kita laksanakan di setiap tahun anggaran. Karena transparansi dan akuntabilitas pengelolaan daerah dan keuangan negara terus ditingkatkan, olehnya itu BPK-RI Perwakilan Sulteng melaksanakan kegiatan ini. “Dengan instrumen yang disampaikan sebentar, mudah-mudahan kita akan selalu mengefisienkan setiap kegiatan. Utamanya dalam rangka menatausahakan keuangan daerah dan keuangan negara yang tentunya selalu mendapatkan perhatian di setiap akhir tahun anggaran,” kata Wabup.

Ia berharap, kepada semua yang hadir semua perangkat daerah, semua pengelola keuangan yang telah diserahi tugas oleh Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai pengelola keuangan, harus memperhatikan apa yang disampaikan nantinya dan mengikutinya sampai selesai.

Sementara, Ignatius Prasetyo selaku pengendali teknis dalam pemeriksaan pendahuluan itu, memberikan gambaran secara umum tentang Siap Connetc dan memaparkannya. “Siap Connetc adalah suatu aplikasi yang akan memberikan kemudahan kepada rekan-rekan di Kabupaten Banggai untuk mendistribusikan dokumen atau ke Tim Pemeriksa BPK RI,” kata Ignatius.

Menurutnya, sistim ini juga bisa dipakai saat pemeriksaan atau kondisi yang lain. Siap Connetc ini dilakukan untuk efisiensi kerja tim pemeriksa pada saat evaluasi, apakah evaluasi laporan keuangan atau evaluasi pemeriksaan kegiatan-kegiatan lain. “Yang dibutuhkan adalah bekerjasama, agar informasi Siap Connetc ini bisa diketahui oleh rekan-rekan lain di OPD yang bersangkutan,” terangnya.

Sementara, Ahmad Jaelani yang juga sebagai ketua tim pemeriksaan dengan tujuan tertentu atas kepatuhan terhadap belanja daerah tahun anggaran 2022 sampai dengan triwulan 3 tahun 2023 secara daring dan luring di Kabupaten Banggai dan Kota mengatakan, Siap Connetc adalah suatu aplikasi yang memang dibentuk oleh BPK untuk menghubungkan antara entitas yang diperiksa dengan pemeriksa yang melakukan pemeriksaan. “Salah-satu tujuan aplikasi ini adalah menerima dokumen dari entitas yang diperiksa dari sebelumnya, berupa dokumen fisik atau hardcopy menjadi dokumen non fisik untuk menghindari adanya kehilangan dokumen apabila sudah masuk ke ruangan BPK,” kata Ahmad.

Menurut Ahmad, aplikasi ini sengaja dikembangkan oleh BPK untuk menjaga kerahasiaan data dan juga untuk menjaga validitas data tersebut. “Data yang diinput melalui aplikasi ini adalah hanya data yang diinput oleh pihak yang bertanggungjawab atas dokumen tersebut,” terangnya. */MAN