SULTENG RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banggai, Ir. Abdullah resmi menutup International Teluk Lalong Festival 2023 di area Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong Luwuk, Kabupaten Banggai, Rabu (30/8/2023) malam.

Dalam sambutannya Sekda Banggai mengucapkan terima kasih kepada para delegasi dari 5 negara yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini yaitu, Korea Selatan, Thailand, Estonia, Lithuania dan Latvia. “Momentum International Teluk Lalong Festival ini telah menjadi ajang promosi strategis yang membawa keuntungan bagi pariwisata di Kabupaten Banggai pada khususnya dan Provinsi Sulteng pada umumnya,” kata Sekda.

Hal ini membuktikan kata Sekda, bahwa event budaya yang dikemas apik dan profesional dapat melahirkan citra bagus di mata para pecinta event budaya dan para . Baik nusantara maupun mancanegera, sehingga mampu memberi nilai tambah dan nilai ekonomi bagi masyarakat dan kemajuan daerah.

“Saya menilai, para pelaku seni dan budaya telah berhasil mengedukasi masyarakat dengan menampilkan karya-karya terbaik mereka. Sehingga seni dan budaya bukan hanya sekedar tontonan, tetapi juga mengandung pesan dan motivasi agar masyarakat lebih peduli, bangga dan cinta dengan kebudayaan daerahnya,” ujarnya.

Ia berharap, seni dan budaya Kabupaten Banggai khususnya dan Sulawesi Tengah pada umumnya mampu tetap eksis ditengah laju modernisasi dan bisa beradaptasi dengan perubahan jaman. “Karena Pemerintah Pusat terus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kegiatan-kegiatan yang positif dalam membangun daerah Kabupaten Banggai,” terangnya.

Penutupan kegiatan International Teluk Lalong Festival 2023 ditandai dengan tabuh beduk. Saat penutupan itu, Sekda Banggai yang didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Banggai Hj. Syamsuarni Amirudin, pejabat daerah lainnya dan beberapa delegasi peserta festival melakukan penabuhan pada 3 beduk, pertanda kegiatan International Teluk Lalong Festival 2023 yang telah dilakukan sejak tanggal 24 Agustus 2023 sampai dengan 30 Agustus 2023 resmi ditutup. */MAN