SULTENG RAYA – Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka didampingi Wakil Bupati (Wabup) H. Furqanuddin Masuslili melantik pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) periode 2023-2025 dan lomba masak serba ikan tahun 2023, yang diselengarakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Banggai, di salah satu hotel di Kota Luwuk, Selasa (22/8/2023).

Kegiatan yang mengusung tema, Masakan Ikan untuk Mengatasi Menyehatkan dan Mencerdaskan, dihadiri unsur Forkopimda, para Staf Ahli Bupati/Asisten/Staf Khusus Bupati, Kadis Perikanan, Kepala Kantor BKIPM Luwuk Banggai, para pimpinan OPD, para Camat se-Kabupaten Banggai, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK, Ketua-Ketua Organisasi Perempuan, Ketua Forikan, Ketua Forikan Kecamatan se-Kabupaten Banggai dan seluruh pengurus yang akan dikukuhkan.

Kepala Dinas Perikanan Banggai, Ir. Ferlin Monggesang dalam laporannya mengatakan, program Kementerian Perikanan RI ini bertujuan untuk mensosialisasikan, mengedukasi dan juga mensinergikan program kegiatan instansi atau stakeholder dalam rangka mendukung program nasional yaitu Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) guna meningkatkan konsumsi ikan nasional.

“Sesuai data yang kami terima dari Dinas Ketahanan Pangan bahwa laporan neraca bahan makan, bahwa konsumsi ikan di Kabupaten Banggai 36,1 Kilo gram perkapita pertahun. Tentunya ini masih jauh dibandingkan dengan konsumsi ikan nasional yaitu 56,48 Kilo gram perkapita pertahun,” terang Ferlin.
Sementara, Ketua Forikan, Hj. Syamsuarni Amirudin mengatakan, ikan sebagai sumber protein hewani yang merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal dan baik terhadap keluarga.

“Dari dahulu hingga sekarang ahli-ahli gizi tidak bosan-bosannya mengingatkan kita untuk selalu mengkonsumsi ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa protein yang dikandung ikan berkualitas tinggi,” terang Syamsuarni.

Sedangkan Bupati Banggai mengatakan, Forikan Kabupaten Banggai bertujuan untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat. Karena perbaikan gizi melalui konsumsi ikan berdampak langsung kepada perbaikan kualitas sumber daya manusia. “Merealisasikan program Gemarikan, potensi kekayaan alam, kelautan dan perikanan Indonesia yang sangat melimpah. Tentunya ini merupakan yang sangat dan merupakan salah satu sumber penerimaan devisa negara dalam rangka meningkatkan perekonomian Indonesia yang diharapkan akan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Bupati juga sangat mendorong diselenggarakan kegiatan lomba masak seperti ini. Karena banyak sekali manfaat yang diperoleh, diantaranya untuk mendorong kreatifitas anggota ibu-ibu PKK, melalui kreatifitas para ibu bisa menciptakan beraneka masakan berbahan ikan. “Jadi program kerja Forikan yang berupa lomba masak ini, diharapakan dapat memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan serta produk-produk olahan ikan kepada masyarakat luas sehingga dapat teraplikasikan sampai pada menu rumah tangga,” harap Bupati.

Kegiatan itu dilanjutkan dengan pengumuman peserta pemenang lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Banggai yaitu, juara 1 Kecamatan Luwuk Selatan, juara 2 Kecamatan Masama, juara 3 Kecamatan Luwuk Utara dan juara favorit Kecamatan Bunta dan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pemenang lomba oleh Bupati Banggai didampingi Wabup Banggai. */MAN