RAYA – Harapan tim bola voli putri Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk lolos ke PON XXI/2024 masih tetap terjaga. Tim putri Sulteng yang saat ini sedang berjuang pada Babak Kualifikasi (BK) PON XXI/2024 terus memperlihatkan permainan terbaiknya.

Walaupun pada pertandingan perdana tim putri Sulteng kalah dari tim Sulawesi Utara (Sulut) dengan skor tipis 2-3, namun pada dua pertandingan berikutnya tim putri Sulteng sukses mengalahkan dua lawan tangguh. Tim Putri Sulteng mencukur tim putri Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan skor telah 3-0 pada pertandingan Minggu (20/8/2023) dan mengalahkan tim Sulbar dengan skor 3-1 (25-20, 25-18, 23-25, 25-15) pada pertandingan, Senin (21/8/2023) di Gelanggang Olah Raga (GOR) Tombolotutu, Parigi.

Tim putri Sulteng masih menyisahkan satu pertandingan lagi yakni berhadapan dengan tim putri Gorontalo, Selasa (22/8/2023) hari ini. Di atas kertas, tim putri Sulteng bisa mengalahkan tim putri Gorontalo. Pasalnya tim putri Gorontalo menjadi tim terlemah pada BK PON kali ini, karena pada tiga pertandingan yang sudah dilakoni, tim putri Gorontalo selalu kalah.

Jika tim putri Sulteng mampu mengalahkan Gorontalo maka peluang tim putri Sulteng ke grand final terbuka lebar. Sedangkan dua tim tangguh lainnya yakni tim putri Sulsel dan Sulut masih saling berhadapan hari ini.

Pelatih tim putri Sulteng, Andi Kantindago menyampaikan rasa Syukur atas kemenangan yang diraih anak didiknya pada dua pertandingan terakhir.  Dia mengakui permainan anak didiknya semakin baik dan kompak, baik dalam melakukan serangan maupun saat bertahan.

Namun Andi tetap melakukan evaluasi untuk menutupi kekurangan yang masih terjadi Ketika menghadapi tim Sulbar.

“Ada pelajaran yang sangat , lawan kita (Sulbar) pertahanannya kuat. Jadi pada set ketiga kita kecolongan. Pasing jelek, pertahanan jelek. Itu menjadi bahan evaluasi kami dan pada set keempat kita berhasil menang,”ujar Andi usai pertandingan kemarin.

Sementara itu tim putra Sulteng yang tergabung satu poll dengan Gorontalo dan Sulawesi Tenggara (Sultra) juga berpeluang melaju ke grand final setelah pada pertandingan perdana mengalahkan Gorontalo dengan skor telak 3-0. Tim putra Sulteng bertanding melawan Sultra pada Senin malam (21/8/2023).

Namun hingga berita ini ditayangkan belum diketahui hasilnya. AJI