RAYA – Universitas Muhammadiyah () , kembali melaksanakan prosesi wisuda, dilaksanakan di Gedung Banua Kalili (GBK) H. Rusdy Toana, Senin (14/8/2023).

Kali ini adalah wisuda Sarjana ke-53 dan Pascasarjana ke-9 dengan jumlah peserta sebanyak 428 lulusan, terdiri dari 28 lulusan Pascasarjana masing-masing 25 orang bergelar Magister Pendidikan Islam dan 3 orang bergelar Magister Hukum.

375 lulusan dari Strata Satu masing-masing Fakultas Bisnis 51 orang, Fakultas Teknik 21 orang, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan 40 orang, Fakultas Hukum 69 orang, FISIP 34 orang, Fakultas 24 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat 79 orang, dan Fakultas Agama Islam 82 orang.

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. , SE., MM atas nama pribadi, dan pimpinan serta atas nama keluarga besar Unismuh Palu mengucapkan selamat atas kelulusan dan gelar akademik yang telah diraih oleh para wisudawan sesuai dengan bidang ilmu masing-masing, ucapan selamat juga disampaikan kepada keluarga wisudawan atas kesuksesan anggota keluarganya.

Dari 428 lulusan tersebut, terdapat wisudawan yang berprestasi yaitu dari Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam atas nama Nursida, dengan IPK 3,83.

Untuk Strata Satu masing-masing Muhamad Syarif, Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Agama Islam dengan IPK 3,96, Riska Yanti, Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian dengan IPK 3,94, Luluh Indah Sari, Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan IPK 3,93.

Sebagai bentuk atas capaian yang diraih oleh wisudawan dan wisudawati prestasi tersebut, Rektor memberikan reword kepada yang bersangkutan dengan harapan dapat menjadi spirit untuk tetap berprestasi dan sekaligus berharap bisa menjadi teladan bagi yang masih menjalani masa studi.

Dalam pesan almamaternya, Prof Rajindra mengingatkan kepada para wisudawan dan wisudawati, bahwa gelar akademik yang telah melekat di nama mereka masing-masing itu adalah hasil perjuangan yang tidak mudah, melalui proses panjang dan melelahkan, namun itu bukanlah akhir dari sebuah perjuangan, namun justru merupakan awal dari sebuah perjuangan yang sesungguhnya, dan memikul tanggungjawab yang lebih besar sebagai agen perubahan untuk menerangi perjalanan kehidupan orang lain.

Melalui momentum itu, Rektor menitipkan pesan kepada para wisudawan bahwa keberhasilan yang diraih itu sesungguhnya atas izin dan ridho Allah SWT, serta doa dan dukungan dari kedua orang tua, keluarga, dan civitas akademika Unismuh Palu, serta semua pihak yang turut andil dalam penyelesaian studi yang tidak cukup dan tidak bisa dinilai dalam bentuk materi.

Untuk itu katanya, gelar akademik dan ilmu yang dimiliki, hendaknya menjadikan diri para wisudawan menjadi lebih berwawasan luas, dan lebih bijaksana dalam berperan di masyarakat secara umum.

Apalagi wisudawan ini adalah alumni Unismuh Palu, hendaknya nama baik almamater selalu dijaga dengan baik, sehingga visi misi Unismuh Palu menjadi Universitas Unggul dan Islami tahun 2025 tercapai dengan baik.

“Kami mengingatkan, bahwa di era yang sangat kompetitif dan penuh dinamika problematika hidup yang tidak berkesudahan ini, maka sudah saatnya saudara tampil menjadi pribadi yang unggul penuh semangat dan tidak mudah putus asa, karena putus asa bukanlah sifat orang-orang yang beriman dan berilmu. Gunakan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang saudara dapatkan selama menumpuh pendidikan untuk mengarungi bahtera kehidupan, jadikan itu sebagai modal saudara,”pesan Prof Rajindra. ENG