RAYA – Kejuaraan Nasional (Kerjunas) panjat tebing yang digelar di alun-alun depan kantor Bupati Parigi Moutong, dimulai Rabu (3/8/2023).

Puluhan atlet panjat dari beberapa provinsi dan kabupaten/kota di Sulawesi Tengah telah tiba di Parigi dan telah melakukan registrasi di sekretariat panitia.

Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Parigi Moutong,Tri Nugrah Adhiyarta mengatakan, setidaknya ada 60 peserta yang terdaftar di sekretariat panitia. Mereka berasal dari beberapa daerah diantaranya DKI Jakarta, Kota Balikpapan, Samarinda dan Kabupaten Kutai Timur (Kaltim),  Makassar dan Palopo (Sulsel) dan Kota Bitung (Sulut). Sedangkan dari Kabupaten/Kota di Sulawesi Tengah diantaranya dari Kota , Kabupaten , Tojo Una-una dan peserta tuan rumah Kabupaten Parigi Moutong.

“Kategori yang dilombakan terdiri lead putra se-Sulawesi Tengah, lead putri se-Sulawesi. Boulder putra/putri se-Indonesia dan speed WR putra/putri se-Indonesia,”ujar Tri Nugrah Adhiyarta.

Sementara itu, Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu telah melakukan peninjauan di lokasi lomba untuk mengecek seluruh kesiapan pelaksaanan kejurnas tersebut, Selasa (1/8/2023).

Dia meminta seluruh kebutuhan lomba disiapkan secara maksimal. Demikian pelayanan terhadap para peserta dilayani secara maksimal.

“Mari kita sukseskan bersama kegiatan ini, karena ini adalah kegiatan nasional,” ujar Samsurizal.

Samsurizal juga minta kepada panitia pelaksana untuk lebih teliti mengecek jangan sampai ada yang kurang dalam kesiapan kejuaraan tersebut.

Berdasarkan jadwal yang diterbitkan oleh panitia, kejuaraan dimulai Kamis (3/8/2023) mulai jam 08.00-11.15 babak kualifikasi boulder putra, kemudian babak kualifikasi lead putri (U16-U19) pukul 13.00-14.45. Selanjutnya pada pukul 15.00-18.00 upacara pembukaan yang akan dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tengah atau pejabat yang mewakili. Kejurnas tersebut akan berlangsung hingga Minggu (6/8/2023). AJI