RAYA – Gara-gara gangguan jaringan pada sistem penginputan data pasien secara online, ratusan pasienyang hendak berobat di bagian poli Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AnuntalokoParigi tidak bisa dilayani. Hal itu terjadi pada Selasa (18/7/2023). Akibatgangguan jaringan tersebut, ratusan pasien yang sudah antri sejak pagi terpaksapulang dengan kecewa karena tidak mendapatkan layanan kesehatan, termasukbeberapa pasien rujukan dari beberapa kecamatan yang jaraknya jauh dari KotaParigi.

“Saya membawa bapaksaya pasien rujukan dari Tomini. Kami datang sejak kemarin (Senin,red). Kalauseperti ini keadaannya bagaimana nasib bapak saya yang belum bisa diperiksakesehatannya.

Harusnya ada cara lain dari pihak rumah sakit agar pasien tetapbisa dilayani,”ujar salah orang warga yang mengaku dari Kecamatan Tomini.Petugas di bagianpenginputan data pasien mengatakan gangguan tersebut terjadi pada serversehingga seluruh jaringan online pada sistem penginputan data terputus.Sementara itu DirekturRSUD Anuntaloko, dr Revi Tilaar setelah berulang kali ditelepon melaluiponselnya untuk dilakukan konfirmasi terkait persoalan tersebut hanya menjawabsingkat melalui WA.“Oke nanti diusahakan.Hanya masalah di server nanti mau dipakai UPS dan genzet disana,”ujar

Revimelalui WA.Pantauan wartawan mediaini, jaringan online tersebut sempat normal hanya sekitar 15 menit, namun setelahitu kembali mengalami gangguan. Ratusan pasien yang antri sejak pagi hariakhirnya bubar pada jam 12.00 Wita sesuai batasa waktu pelayanan di bagianpoli.

Diperkirakan akan terjadipenumpukkan pasien pada Kamis (20/7/2023) hari ini, karena pasien yang belumdilayani sebelumnya akan datang kembali ditambah pasien baru yang hendak berobat. AJI